Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Feb 2022 11:30 WIB

TRAVEL NEWS

Spanyol Cabut Aturan Wajib Masker, Raja Positif COVID

bonauli
detikTravel
Kota Madrid, Spanyol akan menjadi tuan rumah final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool akhir pekan ini. Jelang duel, Madrid semakin meriah.
Ilustrasi Kota Madrid (Dadan Kuswaraharja)
Madrid -

Eropa makin pede menghadapi varian Omicron. Denmark dan Prancis berdamai dengan Covid-19 dan mencabut larang wajib bermasker. Tak mau ketinggalan, Spanyol juga ikutan.

Pemerintah Spanyol mencabut aturan wajib memakai masker bagi warganya di luar ruangan (outdoor) mulai pekan ini. Keputusan mencabut aturan wajib masker ini diambil setelah tingkat penularan virus Corona (COVID-19 mengalami penurunan beberapa hari terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Menteri Kesehatan Spanyol, Carolina Darias, mengumumkan bahwa aturan wajib masker outdoor akan dicabut mulai Kamis (10/2/2022). Aturan wajib bermasker diberlakukan sejak akhir Desember lalu untuk membatasi penyebaran varian Omicron.

Masker hanya diwajibkan di ruangan tertutup dan saat orang menggunakan transportasi umum.

Kabinet pemerintahan Spanyol menyetujui perubahan aturan Corona itu dalam rapat mingguan pada Selasa (8/2) dan menjadikannya efektif dua hari kemudian.

Angka penularan Corona yang menurun dalam beberapa hari terakhir membuat pemerintah menganggap bahwa situasinya telah berubah.

Dalam dua pekan terakhir, angka penularan Corona yang dihitung selama 14 hari terakhir, mengalami penurunan stabil. Kemarin ada penambahan 62.839 kasus baru Corona di Spanyol.

Sementara mengutip thelocal.es, salah satu figur utama Spanyol yang terkena virus Corona adalah Raja Spanyol Raja Felipe VI. Meski tertular virus, raja hanya mengalami gejala ringan dan akan melakukan isolasi mandiri.

Raja berusia 54 tahun itu hasil tesnya positif pada Rabu pagi, setelah semalamnya mengalami gejala ringan. "Kesehatan raja secara umum baik dan dia akan melakukan aktivitas institusional dari kediaman," ujar juru bicara istana.

Seharusnya raja mengikuti rapat di Madrid.

Selain Spanyol, beberapa negara Eropa lainnya mulai melonggarkan dan mencabut pembatasan Corona. Pemakaian masker di luar ruangan tidak lagi diwajibkan di Prancis, sementara pemerintah Italia mengumumkan jadwal pelonggaran pembatasan Corona di wilayahnya.

Simak Video 'Bikin Iri! Negara-negara Ini Sudah Hidup Bebas Tanpa Masker':

[Gambas:Video 20detik]



(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA