Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Slot Terbang, Penyebab Ratusan Ribu Penerbangan Hantu

bandara heathrow
Ilustrasi bandara dan pesawat (Foto: Reuters/Stefan Wermuth/File Photo)
Jakarta -

Fenomena ratusan ribu penerbangan hantu terjadi di langit Eropa. Ini karena aturan slot penerbangan yang begitu berharga.

Alasan maskapai terus mengoperasikan penerbangan hantu nan mahal ini adalah karena industri terlibat dalam permainan slot yang berisiko. Namun, slot itu begitu menguntungkan.

Bahkan ketika tiada penumpang, maskapai masih perlu melindungi slot mereka. Itu adalah waktu terjadwal pada rute gemuk yang berharga.

Slot adalah aset yang sangat berharga bagi maskapai penerbangan. Dengan lebih dari 200 bandara/hub tersibuk di planet ini yang beroperasi pada kapasitas penuh, permintaan penerbangan akan melebihi ketersediaan landasan pacu dan ruang di dalam terminal.

Untuk mengelola ini, kapasitas di bandara padat disegmentasi ke dalam slot. Ini adalah fasilitas untuk mendarat, menurunkan penumpang, mengisi bahan bakar, mengambil penumpang baru dan kemudian lepas landas lagi yang semuanya sudah ditentukan dan diatur kerangka waktunya.

Operator kemudian merencanakan jadwal mereka berdasarkan ketersediaan slot di kedua ujung rute. Untuk memaksimalkan pendapatan, jadwal harus sesuai dengan permintaan.

Slot pagi hari untuk pelancong bisnis yang melakukan perjalanan jarak pendek, perjalanan pulang-pergi pada hari yang sama amatlah berharga.

Tetapi menyinkronkan waktu kedua ujung perjalanan ketika bandara yang paling diinginkan penuh bukanlah hal yang mudah.

"Jika Anda lepas landas dari satu tempat, Anda perlu tahu bahwa Anda dapat mendarat pada waktu tertentu di tempat lain," kata Paul Steele dari IATA.

"Jika Anda mengotak-atik alokasi slot di satu ujung proses, itu menciptakan kekacauan di ujung yang lain, dan oleh karena itu kita membutuhkan sistem yang harmonis," imbuh dia.

Oleh karena di atas, Worldwide Airport Slot Guidelines (WASG) masuk. Ini adalah fondasi di mana proses alokasi slot global bekerja.

Pedoman yang diterbitkan IATA, Airports Council International dan Worldwide Airport Coordinators Group ingin memberikan transparansi, fleksibilitas, kepastian, konsistensi dan keberlanjutan untuk kepentingan maskapai, bandara dan konsumen.

Sistem yang membingungkan

Tapi, maskapai mengoperasikan ratusan rute berpasangan yang beberapa di antaranya disinkronkan dengan penerbangan lanjutan. Ini adalah sistem yang membingungkan untuk dikelola dan alokasi harus dilakukan dua kali setahun untuk jadwal musim panas dan musim dingin.

Merencanakan ulang semua ini setiap enam bulan akan terlalu rumit. Jadi ada aturan yang menyatakan bahwa jika sebuah maskapai berhasil menggunakan setidaknya 80% slotnya maka diizinkan untuk mempertahankan slot pada musim berikutnya, sebuah sistem dikenal sebagai "grandfather rights".

Oleh karena itu, hanya ada sedikit fleksibilitas dalam jaringan untuk memperkenalkan rute baru, terutama di bandara yang padat. Dan itulah mengapa slot penerbangan bak debu emas.

Contoh, Bandara Heathrow di Inggris memegang slot paling berharga. Kapasitas terbatas di sana membuat harga slot begitu tinggi, dengan pasangan slot pagi hari bernilai sekitar USD 19 juta, turun menjadi USD 13 juta pada tengah hari dan USD 6 juta pada malam hari, menurut makalah House of Commons Inggris.

Kesepakatan memecahkan rekor di mana maskapai memperdagangkan slot ini termasuk kasus Oman Air, yang dilaporkan telah membayar USD 75 juta untuk sepasang slot lepas landas dan mendarat di Heathrow pada awal 2016.

Pada Maret 2017, SAS Scandinavian Airlines menjual dua pasang slot di Heathrow ke American Airlines seharga USD 75 juta, menurut surat kabar yang sama. Biasanya, maskapai merahasiakan rincian kontrak ini.

Slot juga dapat diperdagangkan dengan cara lain, seperti pertukaran antar operator, mirip dengan cara tim sepak bola mengeluarkan pemain dengan status pinjaman.

Karena sistem "grandfather rights", maskapai yang mengurangi penggunaan slot berisiko kehilangannya. Itulah sebab pesawat mungkin masih dioperasikan bahkan ketika hampir tidak ada orang yang terbang di dalamnya.



Simak Video "Berenang santai Sambil Berfloaties Ria Menikmati indahnya Pemandangan Alam Tepi Laut, Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT