Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 11:41 WIB

TRAVEL NEWS

Peneliti Australia Berhasil Temukan Kapal James Cook, AS Protes

CNNIndonesia
detikTravel
Kapal James Cook
Foto: Bangkai kapal Kapten James Cook (Associated Press)
Sydney -

Para ahli maritim Australia mengklaim telah menemukan lokasi bangkai kapal Kapten James Cook, Endeavour. Namun, kabar itu menuai protes pihak Amerika Serikat.

Klaim tersebut diumumkan oleh Museum Maritim Nasional Australia (ANMM) di Sydney pada Kamis (3/2) pukul 11.00 waktu setempat. Sejam kemudian, tim Proyek Arkeologi Maritim Rhode Island (RIMAP) AS mengajukan protes bahwa pihak Australia telah melanggar kontrak.

Penyelidik utama RIMAP, Kathy Abbas, menyatakan kesimpulan apapun mengenai bangkai kapal itu harus didasarkan pada proses ilmiah yang tepat, bukan karena perasaan atau politik Australia.

"Apa yang amati di situs kapal karam yang kami pelajari konsisten dengan yang mungkin diperkirakan sebagai Endeavor. Namun, belum ada data sahih yang ditemukan untuk membuktikan bahwa situs itu merupakan kapal ikonik. Selain itu, ada banyak pertanyaan yang tak terjawab untuk pembuktian terbalik identifikasi itu," ujar Ababs dikutip dari ABC Net.

"Ketika penelitian selesai, RIMAP akan mengumumkan laporan valid itu di situs," ia menambahkan.

Sementara itu, pihak ANMM Kieran Hosty menjawab protes RIMAP. Hosty mengatakan bahwa Abbas sudah dikirimi laporan 10 hari lalu yang merinci temuan museum.

"Saya tak bisa menjawab soal pelanggaran kontrak (yang diprotes RIMAP). Seperti yang saya tahu bahwa kontrak dengan proyek Rhode Island berakhir pada November tahun lalu," kata Hosty.

Hosty membantah tudingan pihak RIMAP AS bahwa ANMM tak punya cukup informasi untuk mengklaim telah menemukan bangkai kapal Kapten James Cook.

Ia melanjutkan, ada sejumlah bukti kuat yang menunjukkan bahwa bangkai kapal yang ditemukan itu adalah Endeavour.

CEO ANMM Kevin Sumption sebelumnya menyatakan puas telah menemukan bangkai kapal Endeavour.

"Kepingan terakhir akan dipastikan sebelum saya mengumumkan secara resmi. Berdasarkan bukti arsip dan arkeologi, saya yakin itu adalah Endeavour," tutur Sumption.

Kapten James Cook merupakan penjelajah, pembuat peta, hingga nakhoda terkenal di dunia dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada abad ke-18. HMS Endeavour merupakan kapal ikonik yang pernah ia nakhodai. Berdasarkan catatan sejarah, Endeavour melakukan pelayaran terakhirnya dari Rhode Island.



Simak Video "Pakar Klaim Temukan Kapal James Cook yang Tenggelam 200 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA