Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Berlian Biru Terbesar dan Termahal Sedunia Mau Dilelang, Berapa Harganya?

De Beers Cullinan Blue Diamond
Foto: Berlian biru yang akan dilelang (Sothebys)
Hong Kong -

Berlian biru terbesar dan termahal di dunia bakal dilelang lewat Balai Lelang Sothebys. Harganya dijamin akan bikin traveler geleng-geleng kepala. Berapa sih?

Balai lelang ternama dunia, Sothebys akan menggelar acara pelelangan berlian terbesar dan paling berharga di dunia yang diberi nama De Beers Cullinan Blue Diamond. Acara lelang itu bakal digelar di Hong Kong pada 27 April mendatang.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (18/2/2022), berlian 15.10 karat itu ditaksir memiliki nilai lebih dari US$ 48 Juta. Jika dirupiahkan, nominalnya lebih dari Rp 687 Miliar.

Berlian berwarna biru jernih ini ditambang dari Afrika Selatan pada tahun 2021 lalu. Nama tambang tempat berlian ini ditemukan, Cullinan Mine pun diabadikan jadi nama berlian tersebut.

Senior Vice President Sothebys, Frank Everett menyebut berlian ini sangat mengagumkan. Kecantikannya tampak memukau dari segala sudut pandang.

"Berlian ini langka karena ukurannya. Lebih dari 15 karat. Warnanya biru jernih. Sungguh sangat sempurna tanpa cela. Yang bikin berlian ini makin langka adalah potongannya," jelas Everett.

"Saya pikir, kita akan melihat ada banyak minat terhadap batu ini ketika nanti dilelang. Minat pasar terhadap perhiasan sangat tinggi beberapa tahun terakhir, terutama untuk berlian yang berwarna, apalagi yang warna biru," imbuhnya.

Menurut Gemological Institute of America (GIA), berlian ini dikategorikan sebagai Vivid Blue, tingkatan tertinggi dalam pewarnaan berlian.

Tingkat kejernihannya juga mengalahkan berlian lainnya, dan oleh GIA dinobatkan sebagai kategori berlian flawless alias tanpa cela.

Awal bulan ini, Balai Lelang Sothebys berhasil menjual berlian bernama Enigma dengan harga mencapai US$ 5,9 juta atau lebih dari Rp 84 Miliar. Wow!



Simak Video "WN India Diduga Langgar Izin Tinggal, Ditangkap saat Jual-Beli Berlian"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres Selengkapnya