Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Feb 2022 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Enigma, Berlian Hitam Luar Angkasa Laku Senilai Rp 61,3 Miliar

bonauli
detikTravel
DUBAI, UNITED ARAB EMIRATES - JANUARY 17: The Largest Faceted Diamond to ever come to Auction, The Enigma, at 555.55 carats is unveiled at Sothebys Dubai, on January 17, 2022 in Dubai, United Arab Emirates. (Photo by Neville Hopwood/Getty Images for Sothebys Dubai)
The Enigma (Getty Images for Sotheby's Dubai/Neville Hopwood)
Jakarta -

Berlian yang satu ini bukan hanya cantik, tapi juga langka. Disebut berasal dari luar angkasa, inilah Enigma.

Dilansir dari BBC, The Enigma merupakan berlian hitam berusia satu miliar tahun. Diyakini sebagai berlian terbesar dunia, Enigma laku terjual seharga £3,16 juta atau sekitar Rp 61,3 miliar.

Enigma memiliki pertama 555,55 karat dengan berat hampir sama dengan buah pisang. Tadinya berlian ini diperkirakan laku dengan harga £4,4 juta (Rp85,4 miliar) dalam lelang online.

Berlian itu sudah mengundang perdebatan karena ada sejumlah teori soal asal-usulnya, salah satunya adalah jatuh ke bumi karena asteroid.

Sotheby's mendapatkan kesempatan sebagai juru lelang. Katanya pembeli berlian ini membayar dengan mata uang kripto.

Sotheby's tidak mengidentifikasi pembelinya. Tetapi setelah lelang, seorang pengusaha mata uang kripto, Richard Heart lewat media sosial mengklaim bahwa dia adalah pembeli Enigma.

Dia mengatakan kepada lebih dari 180.000 pengikutnya di Twitter bahwa segera setelah pembayaran selesai dan mendapatkannya, permata itu akan dinamai Berlian HEX.com.

Berlian hitam pertama kali ditemukan pada 1841 oleh sekelompok penjelajah Portugal di Brasil. Mereka menyebut benda tersebut 'carbonado' karena mirip sebongkah batubara.

Keberadaan berlian hitam amat jarang di dunia. Sesuai dengan namanya, berlian tersebut terlihat gelap dan tidak bening.

Berlian pada umumnya ditemukan menyatu dengan batu kimberlit jauh di dalam permukaan tanah. Akan tetapi, berlian hitam atau 'carbonado' ditemukan pada lapisan sedimen yang dekat dengan permukaan tanah.

Itu sebabnya berlian hitam diduga berasal dari luar angkasa. Pasalnya berlian hitam seperti Enigma diyakini tercipta karena benturan meteorit atau akibat ledakan supernova yang membentuk asteroid lalu kemudian menghujam Bumi pada kedalaman rendah.

Berlian hitam seperti Enigma hanya bisa ditemukan di Brasil atau Republik Afrika Tengah, yang memperkuat dugaan bahwa benda itu berasal dari luar angkasa.

Kedua kawasan itu, sebagaimana dipaparkan Sotheby's, terhubung lebih dari satu miliar tahun lalu dan membentuk benua super bernama Rodinia. Pada periode inilah, kawasan itu diyakini dihujam meteorit sehingga sebaran berlian carbonado berada di sana.

Enigma sendiri diperkirakan berumur 2,6 miliar hingga 3,8 miliar tahun lalu. Ahli perhiasan dari balai lelang Sotheby's, Nikita Binani, mengatakan Enigma adalah berlian yang unik dan berharga.

"Berlian ini telah dicintai pemiliknya selama dua dekade dan berlian ini tidak pernah diperlihatkan kepada khalayak umum atau ditawarkan ke pasar secara terbuka. Sehingga kami begitu senang mendapat kesempatan untuk memaparkan kisahnya kepada dunia.

"Penjualan berlian ini adalah kesempatan seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban terlangka berumur miliaran tahun yang diketahui umat manusia," paparnya.



Simak Video "Wujud Berlian Hitam dari Luar Angkasa yang Diprediksi Laku Rp 97 M"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA