Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Feb 2022 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Kemenparekraf Gas ADWI 2022, Pendaftaran Dimulai Besok

Putu Intan
detikTravel
Peluncuran ADWI 2022
Preskon ADWI 2022 (Putu Intan/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa wisata yang ingin ikut, dapat mendaftar mulai besok.

Peluncuran ADWI 2022 digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Jumat (18/2/2022). Peluncuran ini dipimpin Menparekraf Sandiaga Uno dan juga dihadiri Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi.

Pada ADWI 2022 ini, Kemenparekraf bekerjasama dengan Kemendes PDTT untuk meningkatkan kualitas desa wisata, mulai dari infrastruktur sampai sumber daya manusia. Kemudian, kerjasama ini juga terlihat dari penambahan kategori penilaian desa wisata yang semula 6 menjadi 7.

Kategori yang dinilai adalah daya tarik pengunjung, homestay, suvenir, digital dan kreatif, toilet umum, CHSE, dan kelembagaan desa.

Selain itu, perbedaan ADWI 2022 dibandingkan tahun sebelumnya adalah ditambahkan jumlah peserta menjadi 3.000 desa wisata.

"Dengan percaya diri kami tambah jumlah target peserta desa wisata yang mendaftar yakni sebanyak 3.000 desa. Kami berharap menemukan potensi-potensi desa wisata baru tahun ini," kata Sandiaga.

Peluncuran ADWI 2022Peluncuran ADWI 2022. Foto: Putu Intan/detikcom

Potensi yang dimiliki desa wisata juga diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19. Ini sejalan dengan tujuan diselenggarakannya ADWI untuk menggerakkan wisata domestik karena di masa pandemi ini pergerakan antarnegara terbatas.

Sandiaga mengatakan, penambahan jumlah ini berkaca pada ADWI 2021 di mana jumlah pendaftarnya melebihi ekspektasi Kemenparekraf. Mulanya, Kemenparekraf menargetkan 10 persen dari 7.275 desa di Indonesia untuk ikut acara ini. Tapi ternyata pesertanya sampai 1.831 atau sekitar 25 persen dari total seluruh desa.

"Jumlah pendaftar yang melebihi target membuat kami sadar pandemi tak akan pernah melunturkan semangat kita untuk terus bergerak maju," ujarnya.

Pendaftaran ADWI 2022 dapat dilakukan mulai 19 Februari 2022 sampai dengan 31 Maret 2022. Calon peserta dalam mendaftar melalui jadesta.kemenparekraf.go.id.



Simak Video "Instagram Kemenparekraf Sempat Kena Hack"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA