Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Feb 2022 16:39 WIB

TRAVEL NEWS

Wilayah Udara Rusia dan Ukraina Kosong, Buntut Konflik Kedua Negara

Putu Intan
detikTravel
Wilayah udara Rusia Ukraina
Foto: Flightradar24
Jakarta -

Layanan pelacakan penerbangan Flightradar24 menunjukkan sebagian besar wilayah udara Rusia dan Ukraina kosong. Pesawat-pesawat menjauhi kedua negara tersebut.

Pada Kamis (24/2/2022) pagi, otoritas penerbangan Ukraina mengeluarkan pemberitahuan pembatasan wilayah udara negara itu yang meliputi sekitar Kyiv, Dnipro, Lviv, Odessa, dan Simferopol.

Di samping itu, regulator penerbangan Eropa juga memperingatkan setiap pesawat sipil di dekat perbatasan Ukraina dapat menghadapi risiko tinggi terkena sasaran serangan.

Sebelumnya, beberapa maskapai seperti Lufthansa asal Jerman dan KLM asal Belanda juga sudah menangguhkan penerbangan ke Ukraina. Mereka telah bersiap sebelum perang meletus pada hari ini.

Perang antara Rusia dan Ukraina akhirnya tak dapat dibendung. Rusia meluncurkan serangan skala penuh pada Ukraina.

Perang dimulai usai Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan operasi militer khusus di Donbas, wilayah yang dikuasai kelompok separatis pro Rusia.

"Saya telah membuat keputusan untuk mengerahkan sebuah operasi militer (ke Ukraina timur)," kata Putin dalam pidato singkat yang dikutip AFP.

Setelah pengumuman itu, terjadi ledakan di beberapa titik Ukraina, termasuk ibu kota Kiev. Tak hanya itu, Ukraina juga mengatakan, Rusia menyerang mereka dari 3 sisi, yaitu perbatasan di timur, Belarus di utara, dan Krimea di selatan.

Kabar terkini, Rusia juga mengklaim menghancurkan sejumlah pangkalan dan sistem pertahanan Ukraina.

Konflik ini mulai panas usai Putin secara sepihak mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk. Meski didukung 4 negara, keputusan Putin ini dikecam dunia internasional.

Simak Video 'Penampakan Pesawat-pesawat Sipil Hindari Langit Ukraina-Rusia':

[Gambas:Video 20detik]



(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA