Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Feb 2022 19:05 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Menguasai Bandara Internasional Ukraina Begitu Penting Bagi Rusia?

Bandara Kiev Ukraina
Foto: Bandara Kiev Ukraina (dok. Reuters)
Kiev -

Ketika Rusia menginvasi Ukraina, mereka berusaha menduduki Bandara Internasional Ukraina di Kiev. Mengapa menguasai bandara musuh begitu penting saat perang?

Deru pesawat yang lalu lalang terbang rendah terdengar begitu lantang di Kiev, ibu kota Ukraina saat militer Rusia mengklaim telah menguasai bandara internasional Ukraina.

Wilayah udara Ukraina pun dinyatakan tertutup bagi pesawat komersial. Itu berarti pesawat yang lalu lalang tersebut adalah pesawat jet militer Rusia.

Carrie-Anne Greenbank, reporter untuk kawasan Uni Eropa menyebut menguasai bandara internasional Ukraina sangatlah krusial karena dengan menguasai bandara, tentara Rusia akan lebih mudah untuk melakukan mobilisasi keluar masuk Ukraina.

"Jika Rusia menguasai bandara penting yang dekat dengan Kiev, mereka bisa menerbangkan tentara mereka masuk dan itu lebih cepat daripada jalan lainnya," ujar Greenbank.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy pun meminta bantuan pertahanan udara kepada Uni Eropa. Duta Besar Ukraina di Inggris sampai ditugaskan untuk memohon-mohon kepada pemerintah Inggris agar membantu miiter Ukraina.

"Karena kekuatan angkatan udara Rusia jauh lebih superior dibandingkan dengan Ukraina," imbuh Greenbank.

Klaim Rusia yang telah menguasai bandara internasional Ukraina merupakan kabar buruk bagi negara tersebut. Apalagi setelah pihak Rusia menyebut telah menguasai reaktor nuklir Chernobyl.

Serangan udara militer Rusia telah memporak-porandakan beberapa kota di Ukraina. Sampai saat ini sudah dilaporkan lebih dari 137 orang meninggal dunia akibat agresi Rusia.

Pemerintah Ukraina hingga saat ini telah memohon bantuan kepada negara-negara lainnya. Tentara Rusia sekarang dalam mode 'perang penuh' begitu melintasi perbatasan Ukraina.



Simak Video "Perintah Putin Mobilisasi 300 Ribu Militer ke Ukraina!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA