Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Feb 2022 10:04 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Dampak Invasi Rusia ke Ukraina Bagi Pariwisata

Dampak pariwisata invasi Rusia ke Ukraina
Dampak pariwisata dari invasi Rusia ke Ukraina (Foto: CNN)
Jakarta -

Invasi Rusia ke Ukraina juga berdampak pada pariwisata. Pertama-tama, wilayah udara Ukraina saat ini ditutup untuk penerbangan sipil.

Kemarin, pemerintah AS memperluas area larangan terbang yakni di dekat Ukraina. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) menerbitkan perluasan area larangan terbang yang mencakup seluruh negara Ukraina, Belarus, dan sebagian barat Rusia.

Beberapa maskapai, Lufthansa dan Air France, telah menangguhkan penerbangan ke Ukraina awal pekan ini karena meningkatnya ketegangan. Negara-negara termasuk Amerika Serikat dan Inggris telah menyarankan warganya untuk meninggalkan Ukraina.

Lalu, apakah traveler masih bisa terbang ke Eropa Timur?

Lalu lintas udara masih bergerak di luar daerah yang terkena dampak parah. Selain berbatasan dengan Rusia, Ukraina juga bertetangga dengan Belarus, Polandia, Slovakia, Hungaria, Rumania, dan Moldova.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa mengatakan operator harus sangat berhati-hat. Hindarilah wilayah udara dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan Rusia-Ukraina.

Moldova telah menutup wilayah udaranya, sementara Belarus telah melarang penerbangan di sebagian negara itu.

Tidak ada peringatan pemerintah Inggris atau AS untuk tidak bepergian ke negara-negara perbatasan Ukraina atau tujuan Eropa Timur lainnya karena konflik tersebut.

Semua negara yang berbatasan dengan Ukraina sudah masuk dalam daftar Level 4 dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS untuk tujuan perjalanan dengan risiko Covid-19 tertinggi.

Penasihat traveling yang berbasis di Florida, Gwen Kozlowski, seorang spesialis dalam perjalanan ke Eropa tengah dan presiden agen perjalanan Exeter International, mengatakan kepada CNN pada 24 Februari bahwa agensinya telah memiliki pertanyaan dari para traveler dengan perjalanan mendatang ke Polandia. Dan, sejauh ini tidak ada pembatalan.

Dampak pariwisata invasi Rusia ke UkrainaWilayah udara Ukraina kosong (Foto: CNN)

Pesawat seharusnya terbang di atas wilayah udara Ukraina, apakah akan dialihkan?

Jika Anda terbang pada rute yang biasanya melintasi wilayah udara yang saat ini diblokir, maskapai akan mengubah rute penerbangan.

Citra terbaru dari pelacak pesawat ADS-B Exchange menunjukkan kekosongan wilayah udara di atas Ukraina dan perbatasan Rusia.

Bisakah saya tetap bepergian ke Rusia?

Wilayah udara Rusia di perbatasan dengan Ukraina ditutup untuk penerbangan sipil. Ada juga beberapa pembatasan pada penerbangan domestik di Rusia.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan peringatan Tingkat 4: Jangan Bepergian untuk Rusia pada bulan Januari.

Nasihat Inggris kepada warganya pada 24 Februari lebih spesifik, menyarankan agar membatalkan semua perjalanan kecuali sangat penting ke wilayah Rusia tertentu di perbatasan Ukraina.

Inggris juga telah melarang pesawat sipil Rusia dari wilayah udaranya dan di teritorial atas lautnya dari 24 Februari hingga 23 Mei.

Maskapai Rusia, Aeroflot, saat ini mengoperasikan penerbangan langsung antara Moskow dan London-Heathrow dan Gatwick, menurut situs webnya.

Berapa lama perjalanan akan terpengaruh?

Situasi di Ukraina bergerak cepat. Tidak jelas berapa lama wilayah udara di atas Ukraina, Moldova, Belarus atau Rusia akan terpengaruh.

Menurut penasihat perjalanan pemerintah Inggris, pembatasan penerbangan domestik di Rusia saat ini akan berlaku hingga 2 Maret.



Simak Video "Rusia Klaim Hancurkan Pasokan Senjata dari AS-Eropa di Lviv"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA