Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Feb 2022 22:13 WIB

TRAVEL NEWS

Kesaksian WN Australia di Ukraina: Ini Hari Tergila Dalam Hidup Saya

View of a building damaged following a rocket attack the city of Kyiv, Ukraine, Friday, Feb. 25, 2022. (AP Photo/Emilio Morenatti)
Foto: Ilustrasi Perang Rusia Ukraina (AP/Emilio Morenatti)
Kiev -

WN Australia di Ukraina, Bryce Wilson mengisahkan betapa parahnya situasi perang Rusia-Ukraina. Dia menyebut peristiwa itu sebagai hari tergila dalam hidupnya.

Bryce tinggal di kota Kramatorsk, di Ukraina bagian timur saat serangan militer Rusia terjadi. Bryce menyaksikan ledakan dan misil terbang di atas kepalanya tanpa ada jeda.

"Saat Putin mengumumkan deklarasi perang terhadap Ukraina, saya tahu itu akan sangat buruk. Kurang dari satu atau dua detik setelah Putin mengumumkan perang, langsung ada ledakan di luar apartemen saya," kisah Bryce seperti dikutip dari Today Show, Jumat (25/2/2022).

Bryce sampai tidak tahu lagi apa yang akan terjadi lagi keesokan harinya.

"Ini bukanlah permainan game, ini sungguhan. Peristiwa ini, orang-orang ini, ratusan orang meninggal hari ini. Penduduk sipil, tentara, pertempuran di sekitar Kiev, perubahan kekuasaan. Semua yang terjadi di sini membuat saya seperti tenggelam. Saya tidak yakin apa yang akan terjadi lagi besoknya," kata Bryce.

Bryce yang berprofesi sebagai jurnalis foto mengatakan bahwa sebenarnya, warga negara Ukraina dalam posisi bertahan, dibandingkan menyerang ketika perang ini pecah. Banyak dari mereka yang langsung mengungsi begitu ledakan pertama meletus.

"Saya melihat ada evakuasi massal terjadi hari ini. Saya tidak berpikir orang-orang terlambat mengungsi. Saya pikir mereka juga tidak berpikir mengapa peristiwa ini bisa terjadi," ucap Bryce.

"Tugas kami saat ini hanya untuk bertahan hidup. Saya baru menyadari bahwa hari ini berhasil bertahan dan ini akan terus saya lakukan," imbuhnya.

"Peristiwa ini sangat gila dan saya merasa kasihan dengan orang-orang yang harus hidup melewati peperangan ini," katanya lagi.

"Jujur, ini adalah hari paling gila dalam hidup saya. Saya tidak percaya perang ini bisa terjadi," tutup Bryce.



Simak Video "Serangan Rudal Hantam Apartemen Ukraina, Zelensky: Teror Disengaja!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA