Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Feb 2022 14:44 WIB

TRAVEL NEWS

Long Weekend, Kawasan Lembang Berlakukan Ganjil Genap

CNNIndonesia
detikTravel
Ganjil Genap di Lembang
Ilustrasi ganjil genap di Lembang (Whisnu Pradana)
Jakarta -

Kawasan Lembang, Bandung Barat menerapkan sistem ganjil genap. Pemberlakuan tersebut dilakukan saat long weekend mulai Sabtu (26/2) hingga Senin (28/2).

Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar, Imron Ermawan menuturkan, sistem ganjil genap kendaraan dilakukan untuk mengantisipasi pembludakan wisatawan di wisata Lembang.

"Ganjil genap seperti yang sudah dilakukan setiap akhir pekan akan kembali diterapkan saat libur panjang mulai Sabtu, Minggu, hingga Senin nanti," kata Imron, Jumat (25/2), dikutip dari CNNIndonesia.

Aturan rekayasa lalu lintas ini memberikan sanksi putar balik bagi kendaraan wisatawan yang terjaring memasuki kawasan Lembang tidak sesuai dengan tanggal pelaksanaan.

Apabila terjaring ganjil genap, kendaraan dari arah Bandung bakal diputar ke arah kiri arah Kolonel Masturi. Sedangkan kendaraan yang dari arah Kolonel Masturi ditekuk kanan ke arah Bandung.

Imron menjelaskan, sistem ganjil genap pada libur akhir pekan ini tidak diikuti penyekatan di daerah perbatasan masuk Lembang maupun Padalarang.

"Tidak ada penyekatan. Jadi, kita tidak akan membatasi ekonomi supaya bisa tetap berputar. Namun kita memberlakukan pengalihan arus atau ganjil genap khususnya di wilayah Lembang," ujarnya.

Imron menyebut pihaknya juga bakal menerjunkan tim khusus untuk mengawasi aktivitas masyarakat di kawasan wisata Lembang saat libur panjang. Tim tersebut akan mengawasi setiap objek wisata.

"Khusus di tempat wisata, kita akan menerjunkan tim khusus yang akan terus bergerak di objek wisata khususnya Lembang dan Cisarua," ucapnya.

Adapun selama pelaksanaan ganjil genap, Imron mengatakan aturan ini efektif untuk menekan lonjakan volume kendaraan wisatawan yang hendak berwisata ke Lembang hingga 50 persen.

"Jadi, ganjil genap ataupun pengalihan arus Insya Allah akan diterapkan karena kemungkinan tingkat kunjungan wisatawan akan naik," cetusnya.



Simak Video "Tenang! Ganjil Genap 26 Titik Masih Uji Coba"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA