Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 02 Mar 2022 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Guide Bersuka-cita dengan Kebijakan Bebas Karantina ke Bali

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi turis asing di Bali
Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Pemerintah akan mencoba bebas karantina untuk turis asing ke Bali. Para turis guide di Bali pun senang dengan kabar ini. Pemerintah bakal memberlakukan uji coba tanpa karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Bali. Uji coba itu direncanakan akan dimulai pada 14 Maret 2022.⁣⁣

Mendengar angin segar ini, Putu Reza, salah satu turis guide di Bali mengatakan bahwa mereka senang dengan kebijakan terbaru ini. Harapannya, kebijakan ini bisa menghidupkan lagi Bali.

"Kami senang sekali mendengar jika turis bisa langsung ke sini (Bali) tanpa karantina dan Bali mulai hidup lagi," katanya saat dihubungi detikcom.

Terkait persiapan menyambut turis asing, Reza dan kawan-kawan sudah sangat siap. Bahkan sudah banyak tamu asingnya yang bertanya tentang Bali.

"Kita semua sudah sangat siap sekali. Bahkan sekarang sudah ada tamu yang booking untuk 15-25 Oktober 2022. Banyak juga tamu-tamu lama saya yang menanyakan tentang kebijakan pemerintah Indonesia hingga waktu terbaik datang. Saya juga info kalau kita tidak ada karantina dan akan selalu update perubahan,"

"Sebelumnya saya sudah melayani tamu domestik dari beragam kalangan. Jadi persiapan khusus untuk tamu asing tidak ada karena pariwisata Bali juga sudah banyak yang buka selama ini," jelas Reza.

[Gambas:Instagram]



Reza pun menuturkan bahwa dia sudah biasa melayani tamu-tamu asing jauh sebelum ada Corona. Dia berharap para turis asing tidak ragu lagi untuk datang kembali ke Indonesia.

"Semoga para turis asing tidak ragu lagi datang ke Bali dan pariwisata kembali seperti dulu. Semoga semakin ramai meski dengan suasana yang berbeda setelah Corona," ujarnya.

Untuk memperkenalkan Bali kepada turis asing, Reza selalu membagikan foto-foto dan video tentang keindahan Bali serta trip yang dia tawarkan di Instagram. Melalui sosmed lah Reza bisa menjangkau turis asing dan lokal.

"Saya selalu membagikan foto-foto dan video menarik tentang Bali di Instagram. Di sanalah para turis mendapatkan info dan berkomunikasi dengan saya. Juga saat trip saya pribadi langsung mendokumentasikan dan mereka senang dengan hasil jepretan saya," tutupnya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan pemerintah juga tengah membahas penerapan Visa on Arrival (VoA). Penerapan Visa on Arrival (VoA) sangat terkait dengan situasi COVID-19 di mana pemerintah saat ini masih menerapkan karantina bagi PPLN atau wisman yang datang ke Bali.

Jika persiapan belum maksimal dikhawatirkan pelaksanaan VOA di lapangan akan menimbulkan kerumunan dan antrian panjang.

Pemberlakuan karantina 3 hari bagi PPLN yang sudah vaksinasi lengkap dan juga booster dimulai Selasa 1 Maret 2022. Pertimbangannya antara lain, karena kasus harian COVID-19 per populasi Indonesia lebih rendah dibandingkan negara-negara yang sudah tidak lagi memberlakukan karantina. Namun, case fatality rate Indonesia saat ini masih relatif lebih tinggi dan vaksinasi lengkap terhadap seluruh populasi yang ada masih lebih rendah dari negara-negara tersebut.

"Pemerintah akan melakukan uji coba tanpa karantina bagi PPLN yang akan datang ke Bali pada 14 Maret 2022 mendatang. Dipilihnya Bali sebagai lokasi uji coba proyek percontohan tanpa karantina bagi PPLN karena tingkat vaksinasi dosis kedua umum sudah tinggi dibandingkan provinsi lainnya," ujar Sandiaga.



Simak Video "Tari Kecak Uluwatu Bali yang Sarat dengan Filosofi Mistis"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA