Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 04 Mar 2022 10:34 WIB

TRAVEL NEWS

Menparekraf Naik Becak Motor Keliling Candi Muaro Jambi

Ferdi
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi Desa Wisata Muara Jambi. Hal ini bagian dari sosialisai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.
Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja di Jambi. Ia berkeliling Desa Wisata Candi Muaro menggunakan becak wisata.

"Kita ingin berkeliling dulu, melihat keindahan pariwisata di Candi Muaro Jambi ya Guys. Kita juga sudah bayar ini becak wisatanya, ayo kita jalan," kata Sandiaga Uno, Kamis (3/3/2022).

Usai berkeliling menggunakan becak wisata, Sandiaga juga melihat langsung keterampilan para emak-emak yang tengah menumbuk kopi Robusta khas Jambi secara tradisional. Di sana pula, ia mencicipi secangkir kopi yang sudah disediakan oleh para barista.

Kunjungan Menparekraf Sandi ke desa wisata Candi Muaro Jambi ini juga sebagai bentuk sosialisasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Apalagi, desa wisata Candi Muaro Jambi juga menjadi salah satu percontohan bagi peserta desa wisata lainnya lantaran telah memiliki kebangkitan ekonomi yang sangat baik.

"Saya sangat bangga sekali, jika desa wisata di Candi Muaro Jambi ini untuk kebangkitan ekonomi nya sudah sangat meningkat, dan ini bisa menjadi percontohan bagi desa-desa wisata lainnya. Apalagi lokasi objek wisata disini juga masih sangat tradisional yang sangat menarik di kunjungi oleh wisatawan-wisatawan lokal dan mancanegara," ucap dia.

Dalam kunjungan ini Sandiaga ini, ia disambut oleh tarian khas desa wisata Candi Muaro Jambi. Tarian itu merupakan tarian topeng yang kini tengah digandrungi oleh anak-anak muda disana.

Candi Muaro Jambi ini juga merupakan kompleks candi terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Bahkan, komplek percandian ini juga merupakan yang paling terawat di pulau Sumatera. Saat ini, banyak warga di sekitar lokasi kini ikut melestarikan keberagaman daerah demi menarik wisatawan untuk berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Didesa wisata itu, Sandi juga melihat langsung museum cagar budaya Candi Muaro Jambi. Di museum tersebut, beberapa arca peninggalan lama juga berada disana.

Menparekraf Sandiaga Uno juga berharap agar ke depan Pemerintah Provinsi Jambi dapat menggerakkan dan mengkoordinir Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi agar bisa terbentuknya desa desa wisata di Jambi.

Selama berkunjung di desa wisata Candi Muaro Jambi, Menparekraf Sandi juga menyebutkan bahwa desa wisata ini akan menjadi destinasi wisata yang super berkualitas nantinya. Tentunya keinginan Sandi itu mesti disambut baik oleh Pimpinan Daerah Jambi yakni Gubernur.

Sementara, Gubernur Jambi Al Haris sangat merespon baik keinginan Menparekraf Sandiaga Uno tersebut. Al Haris juga akan berupaya untuk menjadikan desa wisata Candi Muaro Jambi ini menjadi desa super berkualitas.

"Pak Menteri kedepan berharap agar desa wisata Candi Muaro Jambi ini masuk dalam 50 besar Desa Wisata Indonesia. Tentu, ini perlu persiapan yang matang saya kira. Agar nanti seperti pak Menteri sebutkan bahwa ini akan jadi super berkualitas, tentunya kita akan meningkatkan lagi kualitasnya baik itu dari segi layanan dan event-event-nya budayanya ini harus juga berkualitas," ujar Haris.



Simak Video "Ekraf Indonesia Diproyeksikan Bisa Salip Korsel 5 Tahun Mendatang"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA