Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 04 Jun 2022 23:03 WIB

TRAVEL NEWS

Bisik-bisik Jokowi di IKN Berujung Kunjungan ke Candi Muaro Jambi

Gubernur Jambi Al Haris saat menyampaikan keinginan percepat Geopark Merangin jadi UNESCO Global Geopark (UGG)
Foto: Gubernur Jambi Al Haris (Ferdi/detikcom)
Jambi -

Gubernur Jambi, Al Haris menceritakan awal mula Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa tertarik berkunjung ke Candi Muaro Jambi. Semua itu berawal dari bisik-bisik di IKN.

Dalam perbicangannya dengan detikTravel di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Al Haris menceritakan awal mula Presiden Jokowi bisa berkunjung ke Candi Muaro Jambi.

Saat itu, Haris sedang berada di IKN Nusantara untuk menemani Presiden Jokowi. Tiba-tiba saja, Jokowi mendekati dirinya dan mengutarakan niat untuk berkunjung ke Jambi.

"Saat saya sedang di IKN, dia dekat 'Eh pak Gub, Saya mau ke Jambi ya'," kisah Haris kepada detikTravel.

Rupanya, sebelum mengutarakan keinginannya untuk berkunjung ke Jambi itu, Presiden Jokowi sudah mendapatkan laporan dari menteri-menterinya terkait Candi Muaro Jambi.

"Dia bilang ke saya waktu ke IKN itu, 'Pak Gub, semua menteri lapor ke saya tentang Candi Muaro Jambi. Saya mau ke Jambi nih," kata Haris.

Sebelum kunjungan Jokowi, sejumlah menteri kabinet Jokowi memang sudah berkunjung ke Candi Muaro Jambi, dari mulai Sandiaga Uno hingga Nadiem Makarim.

"Kan saya sudah undang semua menteri ke Jambi. Dari mulai Pak Sandiaga Uno, Menteri Pendidikan, Pak Luhut. Semua menteri bercerita kepada Beliau tentang Jambi," imbuh Haris.

Namun saat itu Presiden Jokowi berencana berkunjung ke Jambi setelah lebaran. Tiba-tiba di hari kelima puasa, Haris dihubungi Sekretariat Negara karena Presiden Jokowi mau ke Jambi besok.

"Janjinya habis lebaran. Tiba-tiba pas 5 hari Ramadan, saya dihubungi Setneg, 'Pak Presiden besok mau ke Jambi'. Saya kaget, dia mendahului ke Jambi. Ternyata dia tertarik dengan candi itu," ungkapnya.

Jadilah Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana berkunjung ke Candi Muaro Jambi. Kunjungan itu berlangsung tertutup bagi masyarakat umum. Sampai-sampai mereka mencari di mana candi Jokowi? di mana candi Jokowi? alias candi yang dikunjungi oleh Presiden Jokowi.



Simak Video "Gubernur Murka SMA Unggulan di Jambi Banyak Sampah"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA