Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 07 Mar 2022 14:03 WIB

TRAVEL NEWS

Kini Giliran Orang Rusia Berbondong-bondong Tinggalkan Negaranya

Putu Intan
detikTravel
Warga Rusia kabur ke Finlandia
Warga Rusia kabur ke Finlandia. Foto: BBC
Moskow -

Warga Rusia berbondong-bondong meninggalkan negaranya. Ini dilakukan sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin melarang orang ke luar negeri.

Dilansir dari BBC, Senin (7/3/2022) sejumlah orang Rusia ingin meninggalkan negara tersebut setelah beredar rumor bahwa Putin yang memberlakukan darurat militer. Namun rupanya keinginan warga Rusia untuk keluar dari sana tak semudah itu.

Saat ini, penerbangan dari Rusia ke Eropa (kecuali ke Belarusia) telah dihentikan. Keputusan ini diambil sebagai pembalasan Rusia atas sanksi Barat yang melarang penerbangan menuju Rusia.

Rusia kemudian memutuskan untuk melarang penerbangan ke 36 negara, di mana 27 di antaranya termasuk negara-negara Uni Eropa.

Dengan demikian, satu-satunya jalan keluar dari Rusia adalah dengan mengendarai mobil melintasi perbatasan. Ada juga cara lain dengan naik kereta api.

Mobilitas warga Rusia itu terlihat di Vaalimaa yang merupakan perbatasan antara Rusia dengan Finlandia. Di sana terlihat orang-orang secara konstan datang dan berhenti untuk pemeriksaan paspor dan bea cukai.

Keramaian juga terlihat di Stasiun Helsinki. Kereta api dari St Petersburg, Rusia masuk membawa ratusan orang yang ingin melarikan diri dari Negeri Beruang Putih.

Hingga berita diturunkan, saat ini sebagian besar kursi kereta sudah dipesan. Harga tiket juga melonjak karena permintaan yang tinggi.

Sementara itu, kabar burung soal darurat militer terus berlanjut di Rusia. Putin ingin memberlakukan darurat militer untuk menangani demonstrasi menentang invasi ke Ukraina.

"Saya memiliki ketakutan yang sangat jelas bahwa jika saya tidak pergi sekarang, saya tidak akan pernah bisa keluar," kata seorang wanita yang berhasil meninggalkan Rusia.



Simak Video "Perintah Putin Mobilisasi 300 Ribu Militer ke Ukraina!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA