Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Mar 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Ngawur! Ada Balon Udara Mendarat di Bandara dan Tutupi Pesawat

Balon Udara Mendarat di Bandara Brasil
Foto: Balon udara tutupi pesawat di Brasil (AP)
Sao Paulo -

Peristiwa mengejutkan terjadi di bandara Guarulhos di kota Sao Paulo, Brasil. Saat sejumlah balon udara mendarat di bandara itu dan menutupi pesawat di sana.

Petugas bandara Guarulhos melaporkan ada sejumlah balon udara yang mendarat di landasan pacu bandara tersebut. Detik-detik saat balon udara itu mendarat di bandara sempat direkam oleh sejumlah traveler kemudian dibagikan di media sosial.

Tampak dalam video pendek tersebut, tak hanya ada satu, tapi dua balon udara yang mendarat di landasan pacu bandara itu. Satu balon udara mendarat di landasan, sedangkan satu balon udara lagi mendarat di dekat pesawat maskapai GOL, bahkan menutupi sebagian badan pesawat itu.

Dilansir detikTravel dari AP, Rabu (9/3/2022), petugas bandara langsung bergegas untuk mengamankan balon udara tersebut. Mereka langsung menyingkirkan balon udara itu supaya tidak mengganggu operasional pesawat yang akan terbang maupun mendarat.

Hanya dalam waktu 9 menit, petugas akhirnya berhasil menyingkirkan balon udara itu. Menurut juru bicara maskapai GOL, maskapai berbiaya murah dari Brasil yang pesawatnya ditutupi balon udara, namun tidak mengalami kerusakan apapun.

"Pada Minggu pagi waktu setempat, sebuah balon udara mendarat di bandara Guarulhos dekat dengan pesawat G3 7682 kami. Petugas darat dan teknisi langsung beraksi menyingkirkan balon itu, memastikan keamanan penumpang dan semua orang yang terlibat," ujar juru bicara GOL.

"Perusahaan kami juga menginformasikan kepada semua orang bahwa pesawat tidak mengalami kerusakan dan akhirnya bisa melanjutkan perjalanan," dia menambahkan.

Seperti diketahui, wilayah udara di bandara manapun haram hukumnya untuk diterbangi oleh obyek lain, seperti drone dan balon udara. Balon udara itu diketahui berlogo Sistema Brasiliero de Televisao, sebuah stasiun TV lokal di Brasil.

Sementara itu, pihak bandara Guarulhos menyebut tindakan melepas balon ke wilayah udara bandara adalah sebuah kejahatan serius.

"Melepas balon adalah kejahatan dan membahayakan pesawat, balon udara itu bisa menabrak pesawat, terlilit turbin mesin atau bahkan jatuh ke landasan pacu saat pesawat akan terbang," ujar perwakilan bandara.

Pelaku yang melepaskan balon udara di Brasil terancam hukuman denda dan bisa dijatuhi hukuman penjara hingga tiga tahun lamanya.



Simak Video "Tak Ganggu Penerbangan, Ini Contoh Festival Balon Udara yang Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA