Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Mar 2022 22:13 WIB

TRAVEL NEWS

Akun IG Kemenparekraf Sempat Hilang, Pengamat: Facebook Harus Beri Penjelasan

Setelah sempat tidak dapat diakses sejak Rabu (9/3/2022) sekitar pukul 20.05 WIB, akun Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah kembali pulih.
Foto: Ilustrasi (dok.Kemenparekraf)
Jakarta -

Akun Instagram resmi Kemenparekraf sempat menghilang semalam. Meski sekarang sudah bisa diakses, pengamat pariwisata menilai Facebook harus memberi penjelasan.

Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi menilai hilangnya akun resmi Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, menimbulkan tanda tanya tentang keamanan terhadap akun-akun resmi milik pemerintah RI.

"Akun resmi Instagram Kemenparekraf RI adalah adalah akun dengan status centang biru, terverifikasi, dengan status ini patut untuk dipertanyakan tingkat sistem keamanan dari Facebook terhadap akun- akun pemerintah terverifikasi seperti ini," ujar Taufan kepada detikTravel, Jumat (11/3/2022).

Taufan menilai, publik berhak untuk mendapat penjelasan dari Facebook selaku pemilik Instagram.

"Publik berhak untuk mendapat penjelasan secara komperehensif dari Facebook apa penyebab dari lenyapnya akun IG Kemenparekraf secara tiba-tiba, karena sebagaimana kita ketahui akun IG Kemenparekraf adalah salah satu sumber resmi di dalam mengetahui informasi tentang pariwisata Indonesia," sambungnya.

Seperti diketahui, akun instagram Kemenparekraf (@kemenparekraf.ri) diikuti lebih dari 800.000 orang. Banyak informasi terkini terkait kebijakan dan pariwisata nasional ada di sana.

Tentu saja Sandiaga menyayangkan mengapa akun IG resmi Kemenparekraf bisa diretas. Banyak traveler tidak bisa mengakses informasi terkini mengenai pariwisata Indonesia.

"Bayangkan saja kalau ada sepasang suami istri atau keluarga yang ingin berlibur dan sedang ingin mengecek kebijakan terakhir mengenai penghapusan keharusan tes antigen untuk pelaku perjalanan dalam negeri, dan dia tidak mendapatkan informasinya karena Instagram Kemenparekraf sedang diretas," ujar Sandiaga Uno.

Meski saat ini akun IG Kemenparekraf sudah bisa diakses kembali, Taufan berharap kejadian ini tidak terulang lagi.

"Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa-masa yang akan datang, bukan saja pada akun IG atau Socmed dari Kemenparekraf RI, tetapi juga terhadap Akun IG atau Socmed kementerian dan kelembagaan resmi lainnya, agar masyarakat tidak dirugikan," tutupnya.



Simak Video "Instagram Kemenparekraf Sempat Kena Hack"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA