Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 14 Mar 2022 12:46 WIB

TRAVEL NEWS

Per 1 April, Liburan ke Korea Selatan Bebas Karantina Asal Divaksin

Visitors wearing face masks to help curb the spread of the coronavirus take a photo in the snow at the Gyeongbok Palace, one of South Koreas well-known landmarks, in Seoul, South Korea, Wednesday, Jan. 19, 2022. (AP Photo/Lee Jin-man)
Foto: AP Photo/Ahn Young-joon
Seoul -

Wisatawan asing yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap sudah bisa berkunjung ke Korea tanpa karantina, mulai 1 April 2022.

Wisatawan asing yang dibebaskan dari aturan karantina tujuh hari ini jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai syarat dan kriteria vaksin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ketentuannya adalah wisatawan sudah menerima dosis ketiga (booster) atau menerima dua dosis vaksin Covid-19 (khusus vaksin Janssen boleh satu dosis), setidaknya dalam waktu 14-180 hari terakhir.

Jika waktu vaksin kedua sudah melewati 180 hari, maka wisatawan harus melakukan vaksin booster untuk bisa memasuki Korea Selatan.

Dikutip detikTravel dari situs resmi Korea Tourism Organization, Senin (14/03/2022), Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan mengumumkan bahwa pada 1 April wisatawan asing bisa bebas dari karantina meski sertifikat vaksinasi negara mereka belum terdaftar untuk status vaksinasi di Korea.

Sementara mengutip KBS World, jika sertifikat vaksin wisatawan asing tersebut telah terdaftar di Korea Selatan, maka mereka diperbolehkan masuk tanpa karantina mulai 21 Maret 2022.

Tak berlaku untuk wisatawan dari negara ini

Namun, kebijakan ini tidak berlaku untuk wisatawan yang berasal dari Pakistan, Uzbekistan, Ukraina, dan Myanmar. Meski sudah divaksin, mereka tetap harus menjalani karantina selama tujuh hari.

Sebagai informasi, wisatawan asing harus memasukkan catatan vaksin mereka ke Q-CODE sebelum tiba di Korea dan memindai kode QR yang disediakan saat imigrasi.

Q-CODE akan digunakan untuk memeriksa informasi pribadi (nomor paspor), informasi masuk (negara keberangkatan, maskapai penerbangan, alamat di Korea, nomor telepon) dan catatan vaksinasi.

Meski bebas vaksin, Pemerintah Korea Selatan tetap akan mewajibkan tiga kali tes Covid-19 bagi wisatawan asing.

Ketiga tes tersebut dilakukan sebelum keberangkatan, saat kedatangan di Korea Selatan, dan pada hari ke-6 atau ke-7. Dua tes yang pertama menggunakan PCR, sementara yang terakhir berubah menjadi tes antigen.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan total 282.987 kasus infeksi Covid-19 baru pada Jumat (11/03) kemarin seperti dikutip dari Korea Biomedical Review.

Meskipun kasus turun di bawah 300.000 untuk pertama kalinya dalam tiga hari, kematian mencapai titik tertinggi baru di tengah lonjakan Omicron.

Namun, hingga Jumat 31,97 juta orang telah menerima suntikan booster atau 62,3 persen dari 52 juta penduduk Korea Selatan. Jumlah orang yang sudah divaksinasi dua dosis juga cukup tinggi yaitu mencapai 44,4 juta orang, artinya 86,5 persen dari populasi.



Simak Video "Akibat Banjir di Seoul, Buku-buku di Perpustakaan Ini Hancur"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA