Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Mar 2022 19:04 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Rusia Bakal Ambil Alih 515 Pesawat Jet dari Pemiliknya?

An Airbus A320 of Russian airline Aeroflot landing on the runway of Frankfurt Airport. Frankfurt International Airport is the largest airport in Germany. PJSC Aeroflot – Russian Airlines commonly known as Aeroflot is the flag carrier and largest airline of the Russian Federation.
Foto: Maskapai Aeroflot (iStock)
Moskow -

Perusahaan penyewaan pesawat di Irlandia sekarang sedang pusing tujuh keliling. Pesawat yang mereka sewakan ke maskapai Rusia tidak bisa diminta balik.

Tercatat total ada 515 buah pesawat yang disewakan kepada maskapai-maskapai Rusia. Kebanyakan pesawat itu berjenis Airbus A320 dan Boeing 737. Pesawat-pesawat itu disewa dari perusahaan AerCap dan SMBC Aviation Capital yang berbasis di Dublin, Irlandia.

Saat ini, pesawat-pesawat sewaan itu masih berada di dalam wilayah Rusia. Padahal Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi, salah satunya menyebutkan perjanjian sewa-menyewa pesawat dengan maskapai Rusia harus dibatalkan paling lambat 28 Maret 2022.

Ketika perusahaan persewaan pesawat meminta kembali pesawat milik mereka, salah satu maskapai berbendera Rusia, Aeroflot pun menjawab dengan tegas: 'Nyet' alias tidak.

Menurut situs FrequentFlyers yang dilihat detikTravel, Senin (14/3/2022), karena pesawat-pesawat itu ada di Rusia dan berada di wilayah yuridiksi hukum Rusia, maka Aeroflot akan sekuat tenaga untuk mempertahankan pesawat tersebut.

Bahkan sebuah sumber di Aeroflot menyebut maskapai nasional Rusia itu berencana akan mengambil alih atau menasionalisasi pesawat-pesawat sewaan dari Irlandia itu, meski pundi-pundi uang milik orang-orang Rusia saat ini tengah diblokir oleh Uni Eropa.

Perusahaan pemilik pesawat itu pun tak kuasa untuk meminta kembali pesawat mereka, karena di Rusia tidak berlaku yuridiksi yang mengatur pengembalian pesawat sewaan jika perjanjian sewa dibatalkan.

Mengirim tim ke Rusia untuk mengambil pesawat-pesawat itu juga rasanya tidak mungkin. Mengancam dengan sanksi? Juga sudah dilakukan, dan Rusia masih tetap tidak bergeming.

Menyita pesawat sewaan itu ketika sedang berada di negara pihak ketiga juga tidak mungkin dilakukan karena semua pesawat sewaan itu dioperasikan di dalam wilayah udara kekuasaan Rusia.



Simak Video "Pesawat Diduga Milik Rusia Jatuh-Tabrak Rumah di Kiev"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA