Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 18:31 WIB

TRAVEL NEWS

Tiket Pesawat ke Lombok Sulit Didapat, Penonton Mau Tak Mau Transit di Bali

bonauli
detikTravel
Warga negara asing (WNA) bersiap menyeberang ke Labuan Bajo, NTT dengan menggunakan kapal pinisi di Pelabuhan Serangan, Denpasar, Bali, Kamis (28/10/2021). Penyeberangan menuju ke Pulau Nusa Penida, Pulau Gili Lombok, NTB dan Labuan Bajo, NTT melalui pelabuhan tersebut mulai ramai sejak awal bulan Oktober 2021 dengan rata-rata 50-100 wisatawan per hari. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Ilustrasi penyeberangan dari Bali ke Lombok (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Denpasar -

Ajang balap motor MotoGP Mandalika membetot perhatian dunia, termasuk wisatawan Indonesia. Tiket pesawat ke Lombok terjual habis sehingga harus singgah di Bali lebih dulu.

Wisatawan Indonesia tak mau ketinggalan perhelatan akbar Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika yang dilangsungkan di Lombok mulai 18-20 Maret 2022. Imbasnya, penerbangan ke Lombok terpantau ramai. Bahkan, harga tiket pesawat menuju Lombok melambung tinggi.

Selain dengan penerbangan, transportasi menuju Lombok bisa dengan sejumlah opsi. Lewat jalur darat dan laut.

Jalur darat dan laut dipilih karena sejumlah hal. Bagi sebagian penonton, cara itu dinilai relatif lebih aman saat bepergian di masa pandemi. Tetapi, ada pula yang tidak leluasa membuat pilihan. Mereka kehabisan tiket penerbangan sehingga mau tidak mau melalui jalur darat dan laut.

"Ini saya sedang bawa tamu dari Jakarta. Mereka minta jemput dari Bali ke Lombok, karena kehabisan tiket pesawat ke Lombok," cerita Isnaeni, pemandu dari Lombok Damai Tour and Travel, kepada detikTravel, Jumat (18//3/2022).

Ini bukanlah tamu pertama yang dilayaninya. Isnaeni menyebut bahwa wisatawan yang menuju Lombok via Bali lewat pelabuhan sudah ramai sejak kemarin.

"Mungkin penerbangan dibatasi biar Bali kebagian. Mungkin, ya," kata dia.

Penyeberangan dari Bali ke Lombok memakan waktu 1,5 jam. Menggunakan speed boar, kapasitasnya penumpang maksimal adalah 10 orang.

"Satu kapal bayar Rp 9 juta," kata dia.

Penyeberangan ini memang tak murah, karena pertimbangan bahan bakar. Kapal datang dari Lombok tanpa penumpang, sehingga ada dua biaya yang dibebankan pada penumpang.

"Mereka enggak dapat tiket pass boat, Eka Jaya. Karena dari Bali ramai sekali," katanya.

"Paling banyak itu datang dari Jakarta, terus ada Semarang dan Medan," tuturnya.

MotoGP Mandalika membuka pintu untuk 6o ribu penonton.



Simak Video "Pemerintah Restui Rencana Kenaikan Harga Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA