Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

MotoGP Emang Bikin Mandalika Ramai, tapi Gili Trawangan Tetap Sepi

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Pulau Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat
Ilustrasi gili di Lombok (Rachman/detikcom)
Jakarta -

MotoGP Mandalika membuat Lombok ramai wisatawan. Tapi ternyata, itu tidak berdampak untuk tiga pulau Gili kesayangan Lombok.

Event Pertamina Grand Prix of Indonesia digadang-gadang sebagai penggenjot pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebelum MotoGP, Sirkuit Pertamina Mandalika meneggelar event WSBK. Perhelatan ini membuat Lombok mengalami peningkatan pariwisata meski tak signifikan.

MotoGP Mandalika memang membuat Lombok jadi ramai. Penerbangan dari Jakarta laris manis. Bahkan Bali ikut terdampak karena punya penyeberangan ke Lombok.

Tapi ternyata ini tak membuat perubahan di tiga pulau Gili. Ya, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno masih sepi wisatawan.

"Gili Trawangan masih sepi, Enggak ada yang nginep di sana," ucap Isnaeni, pemandu dari Lombok Damai Tour and Travel.

Isnaeni mengatakan, bahwa rata-rata wisatawan menginap di area Senggi, Lobok Sekotong, Mataram. Wisatawan memilih area kota agar lebih dekat ke sirkuit.

"Dari tiga itu, yang agak ramai di Trawangan. Tapi itu bisa dibilang masih sepi," ungkapnya.

Tingkat keramaian Gili Trawangan bisa diukur dengan jumlah penyeberangan speed boat. Gili Trawangan dikatakan ramai jika ada penyewa speed boat melakukan penyeberangan sebanyak 20-30 kali dalam sehari.

"Kalau cuma 2-3 penyeberangan itu sepi, seperti sekarang," jelasnya.

Isnaeni bercerita bahwa jumlah tamu yang melakukan 2-3 penyeberangan hanya cukup untuk menutup uang bensin. Sekali menyeberang dari Pelabuhan Bangsal, kapal akan butuh Rp 300 ribu.

"Sementara untuk sekali penyeberangan atau drop saja itu Rp 300 ribu. Pulangnya belum tentu ada tamu dari sana, kan rugi," keluhnya.

Event MotoGP Mandalika benar-benar terasa di area kota saja.

"Untuk sementara ini belum maksimal, tapi ada-lah sedikit imbasnya ke trasnportasi," pungkas Isnaeni.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan akan menginap di Gili Tramena saat menyambut MotoGP Mandalika. Pada malam pertama, ia mengaku akan menginap di gili.

Ia mengaku sudah mendapatkan kamar hotel berbiaya Rp 1 jutaan di sana tanpa menyebut lokasinya secara spesifik. Ia juga bermaksud mencoba layanan shuttle menggunakan kapal dari gili ke Mandalika.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA