Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Mar 2022 12:39 WIB

TRAVEL NEWS

UMKM di Sirkuit Mandalika Harus Ditata Biar Ciamik dan Tidak Terkesan Kumuh

Penjual menggelar lapak di depan Sirkuit Mandalika
Penjual aneka kaos menggelar lapak di depan sirkut Mandalika Foto: Dadan Kuswaraharja
Lombok Tengah -

Perhelatan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia membuat kawasan Mandalika menjadi lebih semarak dan mendatangkan wisatawan. Namun masih ada catatan yang perlu diperbaiki oleh pemerintah daerah dan pusat.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio dalam jumpa pers di Media Center Indonesia, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Jumat (18/3/2022) mengatakan wisata Pulau Lombok semakin terkerek dengan adanya MotoGP namun pihaknya mengingatkan kawasan UMKM harus ditata lebih rapi sehingga membuat orang tertarik untuk berbelanja dan datang kembali ke Lombok.

"Selamat untuk pak menteri ini kebangkitan ekonomi yang cukup menjanjikan ini harus terus bergulir tapi dari tadi berangkat sampai di sini saya melihat ada yang perlu ditata yaitu soal kebersihan dan kedisiplinan karena ini sudah masuk era baru untuk UMKM dan sebagainya, jangan sampai dilihat UMKM itu sebagai usaha yang kumuh. karena di depan ini (sirkuit)....mudah-mudahan besok lebih rapih, supaya orang tertarik berbelanja dan datang ke Lombok," ujar Agus.

Dari pantauan detikcom, di depan sirkuit memang banyak penjaja aneka barang khas Lombok mulai gelang, kain sampai kaos dan mereka berjualannya kurang tertib. Mereka berjualan di berbagai titik di pintu gerbang dan bisa saja mengganggu kenyamanan pengunjung yang ingin berpose di depan gerbang sirkuit.

"Dan pemda juga kemungkinan harus lebih kencang mengaturnya, saya tahu ini tidak mudah di sini. Waktu peresmian bandara saya ada di sini dan itu kusut sekali dan mudah-mudahan ini awal yang bagus yang sudah diinisasi pemerintah sehingga seterusnya bisa memajukan ekonomi Mandalika," tutup Agus.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di tempat yang sama sudah mendengar catatan Agus dan mengatakan pemerintah akan terus mengevaluasi dan memperbaikinya. UMKM ini lanjut Sandi merupakan salah satu harapan pemerintah untuk membangkitkan peluang usaha dan lapangan kerja.

"Kita tindak lanjuti, saya ditunjuk oleh pemerintah selaku ketua panitia pendukung MotoGP bersama menteri lain menyiapkan secara keseluruhan, dan kita akan terus perbaiki secara bertahap dan berkelanjutan karena ini masih tahun pertama kita kerja sama untuk beberapa tahun ke depan," ujar Sandiaga.



Simak Video "Berkemah di Pinggir Pantai demi Nonton MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA