Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Mar 2022 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pesawat China Jatuh, Boeing 737-800 Tetap Beroperasi di Indonesia?

bonauli
detikTravel
FILE - Residents watch as a China Eastern passenger jet prepares to take off on a test flight from the new Beijing Daxing International Airport on Monday, May 13, 2019. State media are reporting a Chinese airliner from China Eastern with 133 people on board crashed in the southern province of Guangxi on Monday, sparking a mountainside fire. (AP Photo/Ng Han Guan, File)
China Eastern Airlines (AP/Ng Han Guan)
Jakarta -

Pesawat China Eastern Airlines yang jatuh adalah boeing 737-800. Ini membuat keraguan di sejumlah negara yang menggunakan tipe boeing yang sama.

Pada Senin (21/3) kemarin, pesawat boeing 737-800 yang dioperasikan China Southern Airlines jatuh di Provinsi Guangxi, China. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri menyatakan pesawat Boeing 737-800 masih tetap beroperasi secara normal di Indonesia.

"Pesawat jenis Boeing 737-800 tetap beroperasi seperti biasa di Indonesia, dan proses pengecekan tetap berlangsung sebagai bagian dari audit berkala, yang dilakukan oleh para inspektur dari Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto dalam keterangan resmi, Selasa (22/3).

Novie menjelaskan bahwa pihaknya sebagai regulator penerbangan sipil nasional akan terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengawasan, keselamatan dan keamanan penerbangan dapat terus dijaga.

"Saat ini Kemenhub masih memonitor perkembangan situasi, hingga adanya informasi yang cukup dan jelas untuk mengambil kebijakan, khususnya penyelenggaraan transportasi udara," katanya.

Kemenhub dengan maskapai penerbangan khususnya domestik akan melakukan peningkatan pengawasan dan keselamatan operasi pesawat udara secara ketat. Terutama, memastikan kepatuhan operator terhadap regulasi keselamatan penerbangan.

Sebelumnya, pesawat milik maskapai China Eastern Airlines dengan nomor penerbangan MU5735 dinyatakan jatuh di desa dekat Kota Wuzhou, Provinsi Guangxi.

Pesawat tersebut dilaporkan membawa 132 orang yang terdiri dari 123 penumpang dan 9 awak pesawat dan seluruhnya dinyatakan meninggal dunia.

Usai peristiwa nahas itu, China Eastern Airlines dilaporkan mengandangkan ratusan pesawat Boeing 737-800. Mengutip Reuters, FlightRadar24 mencatat China Eastern memiliki 109 pesawat Boeing 737-800.



Simak Video "Tim SAR Belum Temukan Tanda Korban China Eastern Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Breaking News
×
Ledakan di Bandung
Ledakan di Bandung Selengkapnya