Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Mar 2022 19:18 WIB

TRAVEL NEWS

Selama MotoGP Mandalika, Bandara Lombok Layani 71 Ribu Penumpang

Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid
Ilustrasi Bandara Internasional Lombok (Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Lombok Tengah -

PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat Bandara Internasional Lombok menerima jumlah penumpang hingga 71.800 selama gelaran MotoGP, 15-21 Maret 2022. Angka ini naik signifikan dibandingkan jumlah penumpang pada hari biasa.

Jumlah penumpang tersebut terdiri atas 41.500 penumpang di kedatangan dan 30.300 penumpang di keberangkatan dengan rata-rata 10.300 penumpang per hari.

Selain itu, Bandara Lombok juga melayani 663 pergerakan pesawat dengan rincian 332 pergerakan pesawat kedatangan dan 331 pergerakan pesawat keberangkatan atau rata-rata 95 pergerakan pesawat per hari.

Sebelumnya, Bandara Lombok hanya melayani 4 ribu penumpang setiap hari dengan rata-rata pergerakan hanya 40 pesawat per hari. Oleh karena itu, gelaran balap internasional tersebut memberikan dampak signifikan terhadap penerbangan di Lombok.

Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul MadjidBandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid Foto: Dadan Kuswaraharja

"Puncak arus kedatangan terjadi pada 18 Maret 2022 dimana terdapat sebanyak 8.886 penumpang yang datang ke Lombok. Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 21 Maret 2022 dimana terdapat 11.010 penumpang berangkat," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan resminya seperti dikutip detikTravel, Kamis (24/3/2022).

Selain itu, Angkasa Pura I juga mengklaim penerbangan selama gelaran MotoGP berjalan lancar tanpa adanya kecelakaan yang terjadi. Faik pun mengapresiasi seluruh instansi yang terkait dalam penerbangan di Bandara Lombok.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mitra usaha dan personel dari setiap instansi yang terlibat atas kerja keras dalam memberikan pelayanan kepada penumpang serta menjaga kepatuhan hingga tercapainya zero accident," ucapnya.

Faik yakin gelaran MotoGP yang sukses dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi pemulihan ekonomi, industri aviasi, hingga pariwisata di Lombok. Hal itu pun terbukti lewat ramainya euforia Lombok seputar MotoGP Mandalika akhir pekan kemarin.



Simak Video "Warga Serbu Bukit Tonton Langsung MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA