Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Mar 2022 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Populer: Kata Warga Lokal Soal Tempat Jatuh Marquez, Dulu Angker...

Tim detikcom
detikTravel
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team speaks in box during the qualifying practice during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Pebalap MotoGP Marc Marquez terjatuh dari motornya dalam kondisi yang cukup parah. Dia terlempar ke udara dan motornya pun jumpalitan di udara.

Dalam istilah teknik kecelakaan Marquez itu dikenal sebagai highside. Pada momen itu, ban belakang motor selip/terpeleset, sebelum kemudian mencengkeram lintasan lagi untuk memicu daya lecut ke arah sebaliknya.

Daya itulah yang pada prosesnya membuat para rider kehilangan kendali motor dan terlontar ke udara.

Namun menurut penuturan beberapa warga lokal yang diajak ngobrol detikcom ada faktor lain yang diyakini berkontribusi pada jatuhnya Marquez yakni faktor gaib.

Tempat itu sebelum jadi sirkuit merupakan tempat yang angker. Waduh beneran nih?

"Betul bang, mungkin dia (penghuni) tempat itu merasa terganggu," ujar seorang warga lokal alias warlok yang enggan menyebutkan namanya.

Entah beneran jatuhnya banyak pebalap di MotoGP Mandalika karena gangguan makhluk halus atau bukan, yang pasti sebelum menjadi sirkuit seperti sekarang, kawasan Mandalika memang cukup tandus.

Tanah aslinya adalah tanah pertanian yang dibiarkan kosong bertahun-tahun. Saat dikunjungi detikcom 10 tahun lalu, kawasan Pantai Kuta Mandalika saja belum tertata rapi seperti sekarang.

"Kami tidak pernah bermimpi apalagi jadi seperti ini (sirkuit) ini," ujar warga yang lain yang tinggal dekat dengan Sirkuit Mandalika.

Meski begitu, banyak pemilik tanah yang jadi kecipratan untung akibat pembangunan sirkuit, harga tanah di sana jadi meningkat berkali-kali lipat. Contohnya, Pak Salamiah.

"Tak sangka-sangka dan terharu sekali, karena saya orang petani buruh saja, tapi alhamdulillah berkat wisata di sini," ujar H Salamiah pemilik Sarhunta di Mandalika.

Selain berita di atas, detikTravel juga diramaikan oleh berita menarik di bawah ini.



Simak Video "Marc Marquez Crash 2 Kali, Fans Kecewa tapi Tetap Optimis Podium"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA