Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 25 Mar 2022 22:47 WIB

TRAVEL NEWS

Rendang Goes to Europe: Upaya Bangkitkan Ekonomi Baru dan Lapangan Kerja

Sandiaga Uno
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Nusa Dua -

Rendang Goes to Europe diinisiasi oleh Duta Besar RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogonanta. Program ini tengah memasuki babak baru.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut baik Kick Off Rendang Goes to Europe sebagai pilot project mendunianya kuliner nusantara. Untuk memperkuat branding rendang di pasar internasional, logo Wonderful Indonesia digunakan dalam kemasan makanan ini.

"Harapan kita ini bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang banyak sekali. Dan lebih mempromosikan bukan hanya produk ekonomi kreatif kita, tapi juga destinasi wisata yang ada di tanah air melalui Logo Wonderful Indonesia. Ini adalah tatanan ekonomi baru kita berkolaborasi sangat cepat," ujarnya, Kamis (24/3/2022) di Conrad Hotel Nusa Dua, Bali.

Program Rendang Goes to Europe menjadi bagian dari gerakan nasional Indonesia Spice Up The World (ISUTW) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. ISUTW merupakan sebuah gerakan nasional yang tengah diusung pemerintah untuk meningkatkan nilai ekonomi di sektor pariwisata, perdagangan dan investasi melalui industri gastronomi.

"Semoga ke depan tidak hanya rendang, tapi juga kuliner produk UMKM Indonesia lainnya dapat dikenal dunia dan dinikmati seluruh diaspora Indonesia yang ada di belahan dunia," katanya.

"Pasar Eropa ini sangat besar. Dahulu orang Eropa berlayar ke Indonesia mencari bumbu atau rempah-rempah. Sekarang kita balik, bumbu-bumbunya yang menghampiri Eropa kita bisa menggunakan "hub" di Bulgaria ini sebagai entry point ke eropa. Ujungnya adalah pemberdayaan UMKM dan peluang usaha semakin meningkat," sambung Menparekraf.

Iwan Bogonanta bersama pemilik Bella Ltd, Dimitro Vintzilaios sudah berkunjung ke Indonesia atas undangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk bertemu dengan para stakeholder dan mitra kerja. Kunjungan ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari program ISUTW dan rencana pengembangan pasar rendang melalui Bulgaria sebagai penghubung perdagangan internasional.

Puncak kunjungan ke Indonesia ditandai dengan Kick Off Rendang Goes to Europe dengan menggunakan logo Wonderful Indonesia dalam kemasan produk rendang yang akan diproduksi di Bulgaria.



Simak Video "Alasan Rendang Goes to Europe Digelar di Bali Bukan di Sumbar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA