Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Mar 2022 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Singapura Buka Kantor Kedutaan di Israel, Tandai Hubungan Baik 2 Negara

Tim detikcom
detikTravel
A woman walks on the Tel Avivs Mediterranean Sea beachfront, Israel, Thursday, Dec. 2, 2021. Residents of Israels seaside metropolis Tel Aviv have for years complained of how expensive it is, with living costs taking a chunk out of their paychecks. A report released Wednesday, Dec. 1, 2021, by the Economist Intelligence Unit, a research group linked to the Economist magazine, said Tel Aviv has emerged as the most expensive city to live in. (AP Photo/Oded Balilty)
Foto: Ilustrasi Tel Aviv (AP/Oded Balilty)
Singapura -

Negara tetangga kita, Singapura resmi membuka kantor Kedutaan Besar mereka di Israel. Pembukaan kantor kedutaan itu untuk memperingati hubungan baik keduanya selama lebih dari 50 tahun.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan negara itu membuka kantor kedutaan di Tel Aviv, Israel pada Senin (21/3) lalu. Keputusan ini diambil setelah kedua negara menjalin hubungan diplomatik selama lebih dari setengah abad.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, mengabarkan keputusan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, dalam sebuah pertemuan di Yerusalem.

"Singapura terus mendukung dan berprinsip pada solusi dua negara, konsisten dengan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa [PBB], dengan Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan, demi mencapai solusi yang berkelanjutan, adil, dan komprehensif," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura, seperti dilansir dari The Straits Times.

"Singapura berharap bahwa sisi Israel dan Palestina dapat menemukan cara untuk melakukan negosiasi berbasis solusi dua negara," lanjut pernyataan tersebut.

Pihak Kemlu Singapura juga menuturkan, kedutaan tersebut bakal berfungsi sebagai pendukung perusahaan Singapura untuk meningkatkan kerja sama mereka dengan Israel.

Selain itu, badan ini juga mengimbau pihak Israel dan Palestina untuk menahan diri agar tak terjadi peningkatan tensi antara keduanya.

Sementara itu, keputusan Singapura ini mendapatkan respons positif dari Israel.

"Saya menyambut keputusan pemerintah Singapura untuk membuka satu kantor kedutaan di Israel untuk pertama kalinya sejak relasi [kedua negara] dibentuk," kata Lapid dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Times of Israel.

"Ini merupakan bukti dari hubungan baik dan unik antara kedua negara," lanjutnya.

Singapura dan Israel sudah menjalin hubungan diplomatik sejak 1966, dan terus mengembangkan hubungan dekat dalam bidang keamanan dan bisnis.

Israel telah mengoperasikan kedutaan besarnya di Singapura. Tak hanya itu, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga membantu Singapura membentuk militer mereka di pertengahan 1960-an.



Simak Video "Pria Arab Tembaki Warga Israel di Tel Aviv, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA