Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Apr 2022 03:31 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Orang Viking Meninggalkan Greenland? Ini Jawaban Peneliti

Gletser Greenland
Foto: Ilustrasi Greenland (CNN)
Greenland -

Suku Viking pernah mendiami Greenland selama berabad-abad. Namun mereka tiba-tiba saja meninggalkan tanah itu. Apa penyebabnya? Tim peneliti punya jawabannya.

Selama bertahun-tahun, tim peneliti berusaha mencari jawaban mengapa orang-orang Vikings pergi meninggalkan Greenland yang sudah mereka huni selama berabad-abad.

Beberapa ahli percaya menurunnya temperatur jadi salah satu alasan mengapa orang Vikings meninggalkan Greenland. Namun ternyata, bukan itu penyebabnya.

Menurut hasil penelitian terbaru yang dimuat dalam jurnal Science Advances, penyebab utama orang Vikings meninggalkan Greenland ternyata adalah kekeringan.

Menurut peneliti, suhu memang mengalami penurunan pada zaman es, sekitar tahun 1300 hingga 1850 Masehi. Sementara orang Vikings mendiami Greenland pada tahun 985 Masehi. Pemukiman orang Vikings itu ditinggalkan sekitar tahun 1400-an.

Tim peneliti meyakini pada zaman itu, kehidupan pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh suku Vikings tidak berhasil. Iklim kering saat itu terus berkelanjutan dan mencapai puncaknya pada tahun 1500-an.

Kekeringan bisa mengurangi pertumbuhan rumput, sumber makanan utama bagi hewan ternak untuk melalui musim dingin. Suku Viking pun pergi meninggalkan tanah Greenland untuk hidup yang lebih baik.

Namun masalahnya, tidak ada bukti fisik orang-orang Viking pergi meninggalkan tanah garapan itu, sehingga para peneliti kesulitan mengambil sampel di titik yang diduga lokasi pemukiman milik orang Viking..

"Sebelum penelitian ini, tidak ada data dari situs asli pemukiman orang Viking dan itu masalahnya," ujar Profesot Raymond Bradley dari Univesity of Massachusets Amherst.

Tim peneliti juga menemukan, karena dilanda kekeringan dan tidak bisa menggantungkan hidup dari pertanian, orang Viking mengubah pola diet mereka jadi berburu hasil laut.

"Mereka beralih dari pertanian jadi berburu mamalia laut, yang mana lebih berbahaya dan serba tidak pasti," imbuhnya.

Hingga sekarang, kekeringan masih terjadi di Greenland bagian selatan selama musim panas. Di zaman sekarang, para petani bisa mengimpor gandum. Namun di zaman itu orang-orang Viking tidak punya pilihan tersebut.



Simak Video "Penampakan 4 Ton Potongan Gunung Es Greenland Dibawa ke COP26"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA