Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Apr 2022 22:39 WIB

TRAVEL NEWS

Suka Cita Bukber di Menara London, Perdana Sejak 900 Tahun

Syanti Mustika
detikTravel
Tower of London
Tower of London Foto: (Angga Aliya ZRF/detikTravel)
London -

Bukber Ramadan tahun ini menjadi sejarah bagi umat Muslim London. Mereka mengadakan buka bersama di Menara London setelah 900 tahun.

Buka bersama ini diadakan oleh Naz Legacy Foundation, organisasi Muslim Inggris yang mendukung pemuda etnis minoritas dari latar belakang yang kurang beruntung. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Tower of London untuk menjadi tuan rumah. Sejarah mencatat, ini menjadi agenda pertama sejak 900 tahun.

Dilansir dari The New Arab, Rabu (6/4/2022) kegiatan bukber ini diadakan dalam acara lintas agama. Jadi para pemimpin agama dari berbagai latar belakang berkumpul dan menghadiri acara buka bersama antaragama ini.

"Saya senang berbuka puasa malam ini pada buka puasa pertama antaragama di Menara London. Sangat menginspirasi melihat orang-orang muda dari berbagai agama bersatu dalam suasana yang luar biasa ini," kata Wali Kota London Sadiq Khan, yang merupakan keturunan Muslim Pakistan.



Pendiri Naz Legacy Foundation, Harris Bokhari, mengatakan Menara London memiliki sejarah menakutkan untuk pemeluk agama minoritas. Buka puasa bersama ini merupakan salah cara untuk menghilangkan sejarah kelam itu.

"Menara London yang pernah ditakuti oleh agama minoritas sebagai penjara dan penyiksaan, harus menjadi tuan rumah buka puasa lintas agama besar pertama sejak pandemi," ujarnya.

"Berbuka puasa, yang pertama diadakan dalam sejarah selama lebih dari 900 tahun dan selama Platinum Jubilee, akan menyoroti beberapa nilai terbesar Ratu dalam pelayanan publik, iman kepada Tuhan dan perlindungan komunitas minoritas," tulis Harris.



Dia juga menambahkan di momen puasa ini bisa menjadi hal yang menyegarkan untuk menghadapi peningkatan kejahatan kebencian terhadap Muslim dan orang-orang dari agama lain. Selain buka bersama, kegiatan ini juga membahas isu-isu yang berkaitan dengan komunitas agama mereka sendiri. Seperti anti-Semitisme dan eksekusi bersejarah umat Katolik di Tower Bridge.



Simak Video "TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA