Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 07 Apr 2022 10:04 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Saat Penerbangan Delay: Cek Posisi Pesawat, Cara Klaim Kompensasi

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi penerbangan delay
Ilustrasi pesawat delay (Getty Images/martin-dm)
Jakarta -

Pegawai maskapai, Natalia Nicole Green, membagikan tips dan trik saat penerbangan delay. Agar penumpang menyadari kompensasi yang seharusnya didapatkan.

Natalie, 33 tahun, membagikan tips itu tidak lama setelah kericuhan di sejumlah bandara di Amerika Serikat (AS). Diperkirakan 3.000 pesawat, mulai dari JetBlue, American, dan Southwest, delay dan batal terbang akhir pada Minggu (3/4/2022) dan Senin (4/4). Penyebabnya, cuaca buruk.

Natalie, yang seorang travel influencer atau pesohor di bidang perjalanan yang juga seorang pramugari JetBlue Airways, serta memiliki usaha agen perjalanan, menjelaskan langkah demi langkah cara penumpang mendapatkan kompensasi dari maskapai.

Dia bilang pertama-tama para penumpang harus mencari tahu soal 'Bill of Rights' bersama dengan nama maskapai setiap kali menemui masalah dalam penerbangan.

"Jika penerbangan kalian delay atau dibatalkan, bukalah di Google Bill of Rights dan nama maskapai. Itu akan membuat kalian mengetahui betul hak sebagai konsumen dan kompensasi yang bisa didapatkan," kata Natalie seperti dikutip Daily Mail.

"Berada di landasan terbang dan ruang tunggu bandara selama satu jam, apa yang seharusnya kalian dapatkan," ujar dia lagi.

Selain itu, dia juga mengimbau agar penumpang men-donwload aplikasi maskapai agar lebih mudah mengetahui setiap kabar terbaru dari maskapai bersangkutan.

"Kemungkinan kalian akan mendapatkan kabar paling baru lebih cepat ketimbang lewat pegawai di bandara," dia menambahkan.

Bagi penumpang yang memesan tiket melalui pihak ketiga, misalnya aplikasi pemesanan tiket online, disarankan untuk menghubungi layanan pelangganan aplikasi itu ketimbang menghubungi maskapai.

"Jika kalian membutuhkan keterangan dari seseorang, telponlah tempatmu memesan tiket. percayalah," kata Natalie.

"Saya tidak ingin kalian menunggu lima atau 30 menit lantas malah mendapatkan jawaban,"Maaf, tidak ada yang bisa kami lakukan, kalian memesan tiket lewat aplikasi pihak ketiga," kata dia.

Kemudian, Natalie bilang agar para penumpang menengok situs FlightAware. Situs itu bisa menunjukkan posisi pesawat yang sedang menjalani penerbangan.

"'FlightAware.com menunjukkan kepada kalian posisi pesawat itu di angkasa. Apakah pesawat yang akan kalian tumpangi tengah mengangkasa atau tidak. Apakah pesawat itu dalam perjalanan menuju bandara kalian atau tidak," dia menjelaskan.

"Dari pengecekan itu kalian bisa menakar apakah akan delay atau tidak," kata dia.

Unggahan itu direspons dengan baik oleh netizen. Hingga saat ini, video itu telah ditonton 600 ribu kali. Mayoritas mengungkapkan terima kasih.

"Terima kasih sudah berbagi."

"Sangat membantu."

"Tips penerbangan yang oke banget."

Begitulah sebagian besar respons dari netizen yang menonton videonya.

Dari laporan ThePoinrGuy.com, Southwest menjadi maskapai yang membatalkan penerbangan paling banyak di hari Minggu. Yakni, 400 penerbangan atau sekitar 10 persen dari yang dijadwalkan.

Sementara itu, JetBlue membatalkan 373 penerbangan di hari itu. Adapun Spirit membatalkan 308 penerbangan. Kemudian, American Airlines membatalkan 271 penerbangan dan Delta, Alaska serta United membatalkan lusinan penerbangan.

Simak juga 'Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Lebaran 29 April dan 4-6 Mei 2022':

[Gambas:Video 20detik]



(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA