Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Apr 2022 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Patung Sura-Baya Terlantar, Tak Diakui Pemerintah

Namun ternyata, di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak juga ada Patung Sura dan Baya. Patung tersebut beda dari tiga patung yang sudah dikenal luas.
Patung Sura dan Baya terlantar (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Baru-baru ini viral di media sosial patung Sura dan Baya yang terlantar nan memprihatinkan. Traveler pasti tahu monumen ikonik itu ada di mana kan?

Patung Sura dan Baya adalah ikon di Kota Pahlawan, Surabaya. Patung Sura dan Baya yang umum diketahui ada di tiga lokasi baik di depan Kebun Binatang Surabaya, Belakang Monumen Kapal Selam, dan di Jembatan Suroboyo.

Baru-baru ini sedang menjadi perbincangan di media sosial tentang sebuah patung Sura dan Baya yang berukuran tidak terlalu besar di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak. Namun, kondisi patung itu sangat memprihatinkan.

Area sekitar patung itu dipenuhi ilalang. Tidak hanya itu akses menuju patung itu juga berlumpur dan becek. Tampak juga sejumlah bangunan di sekitar patung Sura dan Baya itu yang terlihat rusak dan tidak terawat.

Usut punya usut, patung Sura dan Baya di Jalan Sukolilo itu bukan merupakan aset Pemerintah Kota Surabaya. Lurah Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Trikoesfedi yang menegaskan itu ketika dikonfirmasi detikJatim Kamis (7/4/2022) sore.

Namun ternyata, di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak juga ada Patung Sura dan Baya. Patung tersebut beda dari tiga patung yang sudah dikenal luas.Di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak juga ada Patung Sura dan Baya (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)

Tri mengatakan, dia sendiri tidak tahu menahu sejak kapan patung itu mulai berdiri. Demikian halnya siapa yang mendirikan dan bagaimana perawatannya hingga saat ini. "Itu sebenarnya milik swasta, bukan punya Pemkot. Sejak saya menjabat kondisinya ya sudah seperti itu," katanya.

Lurah yang menjabat sejak 2 tahun lalu itu mengaku sudah tahu tentang keberadaan patung Sura dan Baya yang tidak terawat itu. "Sebenarnya itu sudah ada sejak lama, tapi saya kurang paham detailnya. Saya baru menjabat 2 tahunan di sini," ujarnya.

Dia pun tidak bisa berkomentar banyak ketika ditanya apakah ada kemungkinan patung itu akan diambil alih menjadi aset Pemkot Surabaya. "Wah kalau itu (alih aset dan perawatan) saya masih belum tahu, ya," ujarnya.

Pantauan detikJatim di lokasi, kawasan di sekitar patung lambang Surabaya di Sukolilo itu lumayan asri. Cocok menjadi spot foto instagramable. Karena di balik patung itu ada danau dan besi tua bekas bangunan yang tidak terawat. Menambah kesan klasik nan menarik.

Namun ternyata, di Jalan Sukolilo Nomor 20, Kecamatan Bulak juga ada Patung Sura dan Baya. Patung tersebut beda dari tiga patung yang sudah dikenal luas.Patung Sura-Baya terlantar (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)

Sayangnya, tidak hanya disuguhi pemandangan yang tidak biasa seperti itu, sejauh mata memandang banyak sampah yang berserakan di sekitar lokasi patung itu mengurangi estetika patung tersebut.

Menurut salah seorang warga yang ditemui di lokasi, Patung Sura dan Baya kerap didatangi sekumpulan pemuda. Mereka foto-foto lalu nongkrong di sekitar lokasi. Belakangan menjadi lebih banyak anak muda yang datang karena patung itu sempat viral di media sosial.

Patung Sura dan Baya itu menjadi sorotan setelah fotonya beredar di Twitter diunggah oleh akun @subcyclist.

"Tugu Suro Boyo telah cukup lama menjadi landmark Kota Pahlawan. Banyak orang hanya tahu tugu Suroboyo di 3 lokasi yaitu KBS, Skate Park Delta & KWW. Namun ada satu lokasi yang tak banyak orang tau. Di MNS kemarin kami mengajak teman-teman ke Tugu Suro Boyo yang terlupakan itu," tulis akun itu Selasa (5/4/2022).



Simak Video "Detik-detik Monumen Persahabatan Rusia-Ukraina Dirobohkan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA