Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 09 Apr 2022 16:12 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Buka Layanan Haji Lagi, Ini Syaratnya

Femi Diah
detikTravel
Pelaksanaan haji di masa pandemi COVID-19 membuat para jemaah menunaikan ibadah haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ini potretnya.
Ilustrasi haji (AP Photo/Amr Nabil)
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi membuka pelayanan ibadah haji lagi tahun ini dengan kuota 1 juta orang. Tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi.

Arab Saudi menyetop haji selama dua tahun seiring penerapan pembatasan ketat untuk mencegah penularan COVID-19. Kni, layanan haji dibuka lagi.

Dikutip dari Antara, Sabtu (9/4/2022), merujuk pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang disiarkan oleh kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency, ada batasan syarat jemaah haji. Pertama, jamaah yang hendak menunaikan ibadah haji ke Mekkah tahun ini harus berusia di bawah 65 tahun dan sudah mendapat vaksinasi COVID-19 secara penuh.

Kemudian, jemaah haji dari luar negeri tahun ini diperbolehkan menunaikan ibadah haji dengan syarat telah mendapat vaksinasi penuh, menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR, dan menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19.

Tahun lalu Arab Saudi membatasi jamaah haji sebanyak 60.000 orang dari dalam negeri, jauh lebih sedikit dibandingkan rata-rata jamaah haji sebelum masa pandemi COVID-19 yang mencapai 2,5 juta orang.

Pemerintah Arab Saudi sampai sekarang belum menyampaikan informasi mengenai kuota jemaah haji untuk setiap negara, termasuk Indonesia.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah mengatakan bahwa pengambilan keputusan mengenai kuota jamaah haji bagi setiap negara bukan hanya kewenangan Kementerian Haji dan Umrah, tetapi melibatkan instansi terkait lain di Kerajaan Arab Saudi.

"Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jamaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan," kata dia.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumasse belumnya mengatakan bahwa dia sudah menerima informasi mengenai rencana Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelayanan ibadah haji bagi jemaah dari luar negeri pada tahun 2022.

"Mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal," katanya,



Simak Video "DPR-Pemerintah Upayakan RI Dapat Kuota Haji 2022 Sebanyak 106 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA