Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Apr 2022 17:20 WIB

TRAVEL NEWS

3 Negara dengan Udara Terbersih Sedunia, Indonesia Nomor Berapa?

CNNIndonesia
detikTravel
Happy smiling young pacific islander - kanak people, the original inhabitants of New Caledonia, looking over the turquoise lagoon at the beach of Noumea, New Caledonia. Real Native People Portrait. Noumea, New Caledonia, South West Pacific Ocean
Foto: Ilustrasi Kaledonia Baru (Getty Images/Mlenny)
Jakarta -

Dari ratusan negara di dunia, ada 3 negara dengan kualitas udara terbersih sedunia. Lantas, Indonesia ada di peringkat berapa? Ini ulasannya.

Sejumlah negara di Amerika Serikat dan Eropa menduduki posisi tiga teratas dari 117 negara di dunia yang memiliki kualitas udara yang baik.

Laporan ini dibuat oleh platform pemantauan kualitas udara online IQAir. Laporan tersebut menyajikan gambaran umum keadaan kualitas udara global di tahun 2021.

Data kualitas udara itu kemudian dikumpulkan, divalidasi dan diselaraskan dari stasiun pemantauan kualitas udara di seluruh dunia.

Negara peringkat pertama dengan udara bersih di dunia adalah Kaledonia Baru, dengan skor konsentrasi polusi udara PM 2,5 mencapai 3,8.

Menyusul kemudian di peringkat kedua ada negara bagian Amerika Serikat, Virgin Island, dengan skor konsentrasi polusi udara 4,5. Di peringkat ketiga ada Puerto Rico dengan skor 4,8.

PM 2.5 adalah polutan udara yang paling berbahaya. Polutan ini dikenal secara luas sebagai faktor utama yang berkontribusi terhadap penyakit seperti asma, stroke, penyakit jantung dan paru-paru.

PM 2.5 diketahui menyebabkan jutaan kematian dini setiap tahun. Data PM 2.5 tertulis dalam satuan mikrogram per meter kubik (μg/m3) dan menggunakan pedoman kualitas udara PM 2.5 tahunan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 101 negara dengan udara terbersih dari 117 negara di dunia. Skor polusi udara PM 2,5 Indonesia mencapai 34,3.

Indonesia pun menduduki ranking 17 negara dengan udara terkotor sedunia. Sejumlah negara Asia dan Afrika menduduki tiga peringkat kualitas udara terburuk versi IQAir, yaitu Bangladesh dengan skor 76,9, kemudian Chad skor 75,9, dan Pakistan 66,8.

Simak Video: News of The Week: Bocah Disekap-Disiksa Ayah Tiri, Omicron Terkendali

[Gambas:Video 20detik]




(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA