Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Apr 2022 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Menteri Basuki: Mudik Lebaran 2022 Lewat Pansela Banyak Spot Instagramable

Foto udara jalur selatan Jawa dalam kondisi lengang pada hari pertama larangan mudik di Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Foto: ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI
Jakarta -

Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa bisa menjadi jalur alternatif para pemudik Lebaran tahun 2022 selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan jalur ini banyak spot yang menarik.

Menteri Basuki mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar persiapan mudik Lebaran 2022 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat antusiasme pemudik yang sangat tinggi setelah tidak bisa mudik selama dua tahun akibat Pandemi COVID-19.

Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa untuk mudik LebaranJalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa untuk mudik Lebaran Foto: Dok. Kementerian PUPR

"Salah satu persiapannya adalah Lintas Pansela ini bisa menjadi alternatif bagi para pemudik, sehingga beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Lintas Pantura dan Lintas Tengah Jawa," kata Menteri Basuki dalam keterangan yang dikutip Senin (11/4/2022).

Menteri Basuki menyatakan, Lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 km.

Pemerintah terus meningkatkan kemantapan jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur. Yuk lihat.Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur. Foto: Kementerian PUPR

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," tutur Menteri Basuki.

Dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, Menteri Basuki berharap beban terbagi pada saat mudik. "Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," ucapnya.

Pemerintah terus meningkatkan kemantapan jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur. Yuk lihat.Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur Foto: Kementerian PUPR

Selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mudik Sembari Healing di Rute Pansela Cianjur - Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA