Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Apr 2022 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Pede Revitalisasi Rp 6,3 M di Pulau Belibis Oke buat Wisatawan

Jeka Kampai
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Humas Kemenparekraf)
Solok -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap Pulau Belibis yang tengah direvitalisasi bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Solok, Sumatera Barat.

"Revitalisasi Pulau Belibis ini merupakan hasil kolaborasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang saat ini masih dalam proses. Harapannya, ini akan menjadikan Pulau Belibis sebagai destinasi unggulan," ujar Sandiaga saat meninjau revitalisasi Pulau Belibis, di Kota Solok, Sumatera Barat, Rabu (13/4/2023).

Dalam kunjungannya, Sandi di dampingi Direktur Infratruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Serta, Wali Kota Solok, Zul Elfian; Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Luhur Budianda; Kepala BPPD Sumbar, Sari Lenggogeni dan Kadisparpora Kota Solok, Evy Basri.

Sesuai namanya, di tempat wisata Pulau Belibis terdapat penangkaran burung belibis. Namun, jumlahnya kian berkurang. Sandi berharap dengan adanya revitalisasi tersebut akan turut meningkatkan populasi burung belibis, agar jadi daya tarik wisatawan.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan, ia mengimbau agar destinasi Pulau Belibis menghadirkan ekowisata, hingga pengembangan atraksi water sport.

Menparekraf Sandiaga UnoMenparekraf Sandiaga Uno di Pulau Belibis, Solok Foto: dok. Humas Kemenparekraf

"Kita ingin juga menghadirkan ekowisata, di samping itu ada juga daya tarik wisata berbasis water sport yang mungkin bisa dikembangkan. Semua bisa kita lakukan dengan konsep pemulihan ekonomi pembukaan peluang usaha pascapandemi," kata dia.

Dukungan Kemenparekraf/Baparekraf khususnya pembiayaan pembangunan destinasi pariwisata melalui instrumen Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan Bidang Pariwisata pada tahun 2021 untuk Kota Solok adalah sebesar Rp 6,3 miliar dengan rincian Rp 5,4 miliar untuk DAK Fisik dan Rp 862,5 Juta untuk DAK Non Fisik.



Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA