Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Apr 2022 05:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah China Bangun Kota Kanal Kuno di Zaman Modern

Putu Intan
detikTravel
Gubei Water Town, Beijing
Gubei. Foto: Getty Images/iStockphoto/niuniu
Beijing -

Seolah ingin melestarikan sisa-sisa peradabannya, China membangun kembali kota kanal kuno di era modern. Kanal itu pun jadi daya tarik wisata.

Kota kanal kuno itu dikenal dengan nama Gubei. Lokasinya di pinggiran Beijing.

Gubei diketahui merupakan satu-satunya kota kanal di China Utara. Kota yang dibangun di Desa Simitai ini luasnya mencapai 9 kilometer persegi.

Dilansir dari Insider, Gubei dirancang menyerupai Suzhou yaitu kota di China Timur yang terkenal dengan saluran air alaminya. Profesor di NUS Business School Singapura, Wen Chi Liao mengatakan, pembangunan Gubei ini dilakukan guna mendukung identitas budaya China.

a scenery at Gubei Water Town during day timeKota Kanal Gubei. Foto: Getty Images/iStockphoto/Abdul Wakhid

Desa Simitai sendiri secara historis merupakan jalur penting bagi Tembok Besar China. Tembok Besar China yang dibangun pada masa Dinasti Ming itu dapat dilihat dari Gubei.

Pada tahun 2007, pemerintah merelokasi lebih dari 1.400 penduduk desa untuk tinggal di Gubei. Sampai saat ini, banyak juga yang masih tinggal di sana.

Gubei atau yang secara resmi disebut Kota Air Gubei Kuno kemudian menjadi destinasi wisata pada 2014.

Sebelumnya, air di kanal-kanal Gubei ini digunakan untuk mengolah lahan pertanian. Airnya berasal dari waduk yang disebut Danau Bebek Mandarin.

a scenery at Gubei Water Town during night timeKota Kanal Gubei di malam hari. Foto: Getty Images/iStockphoto/Abdul Wakhid

Sementara itu, bila wisatawan datang ke sana, mereka dapat naik perahu menyusuri kanal-kanal di Gubei. Konsepnya mirip dengan di Venesia, Italia.

Bedanya, kanal-kanal di Gubei tampak lebih sehat dan terawat. Airnya tidak berbau dan konsep kanal kuno yang dibangun pada 2010-2014 itu juga menarik perhatian.

Setiap wisatawan yang datang ke sana dikenakan tarif 80 yuan atau sekitar Rp 180 ribu. Banyak wisatawan yang memberikan sambutan hangat dan menyebut Gubei sebagai situs terbaik di Beijing.

Di sekitar Gubei juga terdapat berbagai macam penginapan. Mulai dari dua hotel mewah, 6 hotel butik, dan 400 penginapan. Selain itu, di sana juga terdapat pemandian air panas yang dapat dinikmati wisatawan.



Simak Video "200 Kasus Covid-19 'Ganas' di Beijing Teridentifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA