Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Apr 2022 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Rumah KH Hasyim Asy'ari Tetap Terawat, Kim Jong Un Hancurkan Hotel Korsel

Tim detikcom
detikTravel
Sejumlah santriwati beraktivitas di rumah pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari di kawasan Pondok Pesantren Kapurejo, Kediri, Jawa Timur, Kamis (7/4/2022). Rumah bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat pertemuan sejumlah tokoh pergerakan kemerdekaan tersebut masih terawat dan difungsikan sebagai tempat santri mengaji. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/wsj.
Foto: Rumah KH Hasyim Asy'ari (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Jakarta -

Berita terpopuler detikTravel Kamis (14/4) lalu menampilkan tentang rumah KH Hasyim Asy'ari yang tetap terawat dan Kim Jong Un yang menghancurkan hotel Korsel.

Di Kabupaten Kediri berdiri sebuah Pondok Pesantren (Ponpes) tua yang menjadi saksi perjalanan syiar Islam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari. Namanya Ponpes Salafiyah Kapurejo. Ponpes ini berada di Desa Pagu, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

H Mochamad Chamdani Bik, putra pertama Mochamad Sodik yang juga Pengasuh Ponpes Kapu, mengatakan, perjalanan KH Hasyim Asy'ari di Kapurejo berawal dari ajakan KH Muhammad Yasir untuk menengok Nyai Masruroh, putri bungsu pendiri Ponpes Salafiyah Kapu yang saat itu sedang sakit keras.

Nyai Masruroh inilah yang kelak dipersunting menjadi istri KH Hasyim Asy'ari. Di Ponpes Kapu, ada rumah KH Hasyim Asy'ari yang masih terawat dengan baik. Rumah kuno penuh sejarah itu sudah berusia ratusan tahun.

Namun sampai saat ini, rumah itu masih berdiri tegak di halaman yang luas di Kompleks Pondok PesantrenKapurejo. Rumah ini dibuat dengan bentuklimasan. Terdiri dari separuh tembok dan separuh batu bata. Sedangkan atapnya terbuat dari kayu.

Sepeninggal KH Hasan Muchyi, ndalem (rumah) juga menjadi tempat tinggal keluarga Kiai Hasyim bersama Nyai Masruroh dan keempat anaknya. Kiai Hasyim Asy'ari sebagai menantu pun diamanahi untuk terus mengembangkan pondok pesantren itu.

"Sejak itu hingga sekarang lebih dikenal dengan sebutan Ndalem Mbah Hasyim Asy'ari, Ndalem Kasepuhan pertama di Pondok Kapu. karena beliau yang membangun, memperbaiki atau merenovasi pada saat itu," ujar Gus Bik.

Rumah bersejarah ini pernah digunakan sebagai tempat pertemuan sejumlah tokoh pergerakan sekitar tahun 1930-an. Rumah KH Hasyim Asy'ari itu ini kini difungsikan sebagai tempat santri mengaji.

Selain berita itu, ada juga berita terpopuler detikTravel tentang Kim Jong Un yang menghancurkan hotel-hotel milik orang Korea Selatan di Korut.

Berikut Daftar Berita Terpopuler detikTravel, Kamis (14/4/2022):

1. Tetap Terawat, Begini Potret Rumah KH Hasyim Asy'ari di Kediri
2. Omo! Kim Jong Un Hancurkan Hotel-hotel Milik Korea Selatan
3. Gadis Batak di Maskapai Emirates, Ada Candi Lebih Besar dari Borobudur
4. Gubsu Edy Rahmayadi Cari Trik Musnahkan Iblis Merah di Danau Toba
5. Kenapa ya Orang Belanda Badannya Tinggi-tinggi?
6. Selamat Ulang Tahun ke-65 Gorila Tertua di Dunia
7. Melihat Distribusi Air Zamzam di Masjidil Haram Saat Ramadan
8. Basah tapi Girang Berbaur dalam Perang Air di Festival Songkran Bangkok
9. Kampung Muallaf, Dusun Terisolir Yang Jatuh Cinta dengan Islam
10. Ngeri! Perempuan Ini Temukan Lubang Intip di Kamar Hotelnya



Simak Video "Sebuah Ponpes di Tasikmalaya Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA