Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Apr 2022 07:31 WIB

TRAVEL NEWS

Mudahkan Turis, Bandara Thailand Bagi QR Code untuk Temukan Hotel

Syanti Mustika
detikTravel
Thailand sedang mengembangkan Bandara Internasional Suvarnabhumi. Nantinya bandara itu akan punya hutan dalam ruangan seluas 16.132 m persegi. Begini wujudnya.
Bandara Suvarnabhumi di Thailand (Foto: Dok. DBALP. )
Jakarta -

Permudah turis untuk menemukan hotelnya, Bandara Suvarnabhumi di Bangkok membagikan QR Code yang akan mengarahkan turis ke konter hotel yang telah dipesan.

Sejak dibukanya gerbang internasional dan dipermudahnya regulasi kunjungan tanpa karantina, Thailand kembali didatangi turis mancanegara. Tetapi, membeludaknya wisatawan itu bikin Thailand keki. Bandara Suvarnabhumi kacau.

Salah satu kekacauan yang diakibatkan oleh turis yang kebingungan mencari nama hotel yang telah direservasi. Para pelancong sampai frustrasi.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Bandara Suvarnabhumi bikin terobosan. Mereka meminta turis untuk mengecek hotel dengan kode QR.

Dilansir dari Bangkok Post, Sabtu (16/4/2022) QR Code untuk mencari hotel sejak dari Bandara Suvarnabhumi itu diluncurkan pada hari Rabu (13/4). Dengan men-scan barcode itu, turis bisa lebih mudah menemukan konter hotel sehingga memudahkan mendapatkan informasi untuk menuju hotel.

Saat itu, Bandara Suvarnabhumi hanya memiliki delapan konter yang mencangkup 400 hotel. Selain itu, ada tambahan sembilan meja lagi untuk mengurangi antrean pencarian hotel.



Langkah itu menyusul keluhan pengguna bandara di media sosial pada akhir pekan. Beredar foto yang menunjukkan penumpang yang frustrasi mencari nama hotel tempat mereka ingin menginap atau telah membuat reservasi sebelum bepergian.

Juga dari foto yang beredar di Twitter, terlihat tumpukan traveler yang kebingungan mencari konter hotel mereka. Dalam captionnya pun si penulis menyebutkan jika staff hotel sudah teriak-teriak hingga suaranya serak meneriakkan nama hotel mereka. Namun, tidak ada perubahan yang terjadi dan imbasnya turis menumpuk.

Manajer umum Bandara Suvarnabhumi Kittipong Kittikachorn mengatakan kode QR akan menginfokan pengguna dengan tepat konter mana yang harus dituju. Jadi, turis atau pihak hotel tidak perlu lagi teriak-teriak untuk menawarkan bantuan atau turis kebingungan.

Pengelola bandara bekerja sama dengan Tourism Authority of Thailand, operator hotel, dan agen perjalanan untuk membuat kode QR ini.



Simak Video "Kesibukan di Bandara Thailand Usai Dibuka untuk Turis Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA