Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Apr 2022 10:49 WIB

TRAVEL NEWS

Preferensi Mudik Lebaran 2022: Rute, Tujuan, dan Aktivitas Favorit Pemudik

Syanti Mustika
detikTravel
Penumpang di Bandara Hasanuddin Makassar, ilustrasi bandara, bandara, penerbangan
Foto: (M Bakrie/detikcom).
Jakarta -

Survei membuktikan antusiasme traveler untuk mudik lebaran 2022 sangat tinggi. Berikut preferensi mulai dari rute, aktivitas hingga kebiasaan pemesanan tiket mudik.

Dari survey yang dilakukan Pegipegi yang dipaparkan pada Media Gathering Ramadan 2022, Kamis (14/4/2022) sebanyak 80% responden akan melakukan mudik pada tahun ini. Survei dilakukan pada tanggal 18 - 30 Maret 2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei preferensi mudik Lebaran 2022, berikut beberapa insight menarik yang Pegipegi dapatkan.

Sebanyak 80% Responden Berencana Mudik Lebaran 2022

Berdasarkan survei, diketahui bahwa dari seluruh responden, hanya ada sebanyak 25% orang yang mudik pada tahun lalu. Namun pada tahun ini, ada sebanyak 80% dari mereka yang memilih akan mudik.

Terdapat 10 kota tujuan mudik favorit tahun ini diantaranya adalah, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Purwokerto, Palembang, Medan, dan Malang.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 35% responden memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul oleh 35% lainnya yang memilih mobil pribadi. Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Hari Keberangkatan Favorit Mudik Lebaran 2022

Bagi mereka yang berencana mudik, sebanyak 41% orang memilih untuk berangkat mudik pada H-3 Lebaran, yang mana 35% dari mereka akan mudik menggunakan pesawat. Sedangkan 19% responden memilih mudik pada H-7 lebaran.

Disusul sebanyak 14% akan mudik pada H-1 Lebaran. Sedangkan untuk arus balik, 37% orang memilih untuk kembali pada H+7 lebaran, dan sebanyak 27% memilih H+3 Lebaran. Nah, traveler dari tim mana nih meemsan tiket mudik?

Aktivitas Favorit Saat Mudik

Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52%), menjelajah wisata destinasi terdekat (27%), dan staycation dalam kota (11%).

Itu menunjukkan bahwa akan ada aktivitas traveling dan staycation yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran 2022.

Preferensi Pemesanan Tiket Mudik

Sebanyak 57% orang memilih mencari/berburu tiket pada malam dan dini hari. Sebagian besar masyarakat memilih untuk memesan tiket 1 bulan sebelum waktu keberangkatan (44%) dan didominasi oleh mereka yang mudik menggunakan pesawat dan kereta api.

Disusul oleh pemesanan 2 minggu sebelum keberangkatan (20%), dan 1 minggu sebelum keberangkatan (14%), yang mayoritas diantara mereka memilih bus & travel sebagai transportasi mudik.

Fitur Favorit Masyarakat Ketika Mudik

Metode pembayaran yang paling disukai saat memesan tiket mudik adalah melalui internet banking, transfer bank, dan transfer ATM sebesar 69%, diikuti oleh kartu kredit sebanyak 15%.

Bagaimana persiapan traveler mudik? Mau kemana nih tahun ini? Sudah pesan tiket belum?

Simak Video 'Kendaraan Mudik 2022 Diprediksi Naik, Menhub Siapkan 3 Rekayasa Lalin':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA