Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Apr 2022 21:35 WIB

TRAVEL NEWS

Solidaritas Tanpa Batas, Desa Ini Ganti Nama Jadi Ukraina

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Kota Sevilla
Ilustrasi kota Seville (Getty Images)
Saville -

Sebuah desa di Spanyol menunjukkan apa arti solidaritas pada dunia. Tak main-main, desa ini rela ganti nama jadi Ukraina.

Nama desa ini adalah Fuentes de Andalucia, di Saville, Spanyol. Seperti dikutip dari Reuters, Minggu (17/4/2022) tujuan dari perubahan nama ini adalah sebagai bentuk solidaritas terhadap Ukraina.

"Tujuan utama kami tak hanya meningkatkan kesadaran atas konflik di Ukraina, tetapi juga terkait dimana negara-negara tengah berperang saat ini," kata salah satu warga, Francisco Martinez.

Tak hanya sekedar ganti nama desa, nama jalan pun diubah mirip dengan kota-kota di Ukraina. Sebut saja Kiev, Odessa dan Mariupol.

Desa dengan populasi 7.315 jiwa ini benar-benar bikin tercengang. Setelah ganti nama, mereka juga mengumpulkan uang sebanyak 3.500 Euro atau sekitar Rp 54 juta dalam waktu dua hari.

Uang tersebut rencananya akan digunakan sebagai dana sumbangan bagi warga desa yang membuka pintunya bagi para pengungsi Ukraina. Sejauh ini sudah ada 25 pengungsi di sana.

Salah satu penduduk desa bernama Rafael Osuna, menyatakan untuk membuka rumahnya sebagai tempat pengungsian. "Warga Fuentes sangat bangga dengan apa yang kami lakukan. Mengingat saya tinggal sendiri dan memiliki rumah besar, saya berpikir untuk mengizinkan satu pasangan Ukraina mengungsi sementara," kata Osuna.

Sementara itu, beberapa kota Ukraina terus menjadi sasaran rudal dan artileri Rusia sejak invasi dimulai.

Konflik bersenjata ini menyebabkan setidaknya 10 juta orang mengungsi. Angka ini hampir mencapai seperempat dari seluruh populasi di Ukraina.



Simak Video "Kebakaran Hutan di Spanyol, Ribuan Warga Dievakuasi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA