Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Apr 2022 21:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Imbau Pemudik Belanja Produk Ekraf Lokal di Daerah

Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatannya di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Senin (18/4/2022). Memasuki minggu ketiga bulan Ramadhan, terminal tersebut terpantau mulai ramai pemudik. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Sejumlah calon penumpang bus menunggu jadwal keberangkatannya di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang. Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Jakarta -

Libur lebaran sudah tinggal menunggu hitungan hari lagi. Menparekraf Sandiaga Uno pun mengimbau agar para pemudik membeli produk ekonomi kreatif di daerah.

Libur lebaran tahun ini akan lebih terasa gaungnya setelah pemerintah memutuskan untuk mengizinkan rakyatnya untuk mudik, tradisi tahunan yang berlangsung setiap momen Hari Raya Idul Fitri.

Menparekraf Sandiaga Uno pun mengimbau agar para pemudik membelanjakan uangnya dengan membeli produk-produk ekonomi kreatif lokal karya UMKM daerah.

"Kami mengimbau kepada para pemudik untuk membelanjakan uangnya dan produk jasanya di daerah dan beli produk-produk lokal," kata Sandiaga dalam acara Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta, Senin (18/4/2022).

Menurut Sandiaga, mudik itu tidak hanya tentang silaturahmi dengan keluarga saja, tapi juga soal perputaran ekonomi.

"Fenomena mudik ini juga bukan sekedar bersilaturahmi dengan keluarga dan handai taulan di masing-masing destinasi, tapi juga jadi momen untuk meningkatkan perputaran ekonomi," jelas Sandiaga.

Dengan membeli produk lokal, para pemudik akan membantu menggerakkan ekonomi di daerah. Selain itu, para pemudik bisa berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja.

"Beli produk-produk ekonomi kreatif lokal untuk kebangkitan ekonomi kita, untuk penciptaan lapangan kerja, dan juga yang terpenting adalah dampak yang kita harapkan, bahwa kita segera bangkit," imbuh Sandiaga Uno.

Sandiaga memprediksi ada beberapa sektor yang bisa merasakan cipratan rezeki dari para pemudik. Sektor itu antara lain makanan dan minuman, transportasi, hotel-akomodasi dan juga fashion (pakaian).

"Jadi kami memprediksi usaha penyedia akomodasi, penyedia makanan minuman, transportasi akan mendapatkan dampak yang sangat positif dari mudik. Makanan dan minuman, pakaian fashion, transportasi, hotel dan restoran, ini mencapai 25% konsumsi rumah tangga," jelas Sandiaga.



Simak Video "Ijtima Ulama di Jogja Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA