Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Apr 2022 22:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mudik Lewat Pansela? Ini Tempat Wisata Rekomendasi Sandiaga Uno

Putu Intan
detikTravel
Jakarta -

Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa makin mulus dengan berbagai destinasi wisata menarik. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak pemudik untuk berlibur di desa wisata sepanjang Pansela.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan Kemenparekraf sudah mempersiapkan destinasi wisata untuk dikunjungi pada periode libur dan cuti bersama Lebaran 2022.

Dari destinasi-destinasi tersebut, Sandiaga menyoroti kawasan Pantai Selatan yang dapat menjadi alternatif mudik dan wisata selain Jalur Pantai Utara.

"Jalur lintas selatan dimulai dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Daerah wisata yang kami siapkan meliputi Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, sampai ke Purworejo. Lanjut ke DI Yogyakarta ada beberapa kabupaten. Lalu Pacitan, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Jadi itulah beberapa destinasi yang kami siapkan desa wisata," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (25/4/2022).

Beberapa desa wisata yang direkomendasikan Sandiaga adalah Desa Wisata Selasari di Pangandaran, Desa Wisata Pujon Kidul di Malang, dan Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi.

Selain mempersiapkan destinasi, Kemenparekraf juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan di destinasi wisata lalu dilaporkan apabila ditemukan pelanggaran.

Di samping itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menyiapkan 15 titik posko mudik untuk istirahat yang tersebar dari Lampung hingga Jawa Timur.

Dari penelusuran detikcom di jalur pansela, jalanannya sudah cukup mulus, hanya menuju Sindangbarang (Cianjur Selatan) saja yang jalanannya masih berliku. Selepas Sindangbarang, jalanan relatif lebar dan mulus serasa di tol pribadi.

Namun detikcom menyarankan Anda melewati Pansela di siang hari, karena masih kurangnya penerangan di jalur ini. Pansela memiliki keunikan wisata pantai-pantai pesisir Jawa yang masih tergolong hidden gem dan perlu dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA