Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Apr 2022 08:42 WIB

TRAVEL NEWS

Keren, Kain Tenun Gringsing Jadi Suvenir KTT G20

kain tenun gringsing bali
Foto: Ilustrasi Kain Tenun Gringsing (aditya mardiastuti/detikcom)
Jakarta -

Kain tenun Gringsing Karangasem Bali rencananya akan menjadi cenderamata KTT G20. Apa istimewanya?

Melansir instagram Kemenparekraf, Senin (25/4/2022), kain tenun Gringsing punya motif dan warna yang cantik dan pastinya Indonesia banget. Bukan sekedar kain, tapi kain tenun ini memiliki nilai ritual turun temurun travelers.

Mulai dari pewarnaan alami hingga proses yang dikerjakan 100% menggunakan tangan. Ada filosofi menarik juga di balik indahnya kain tenung Gringsing, yaitu melambangkan keseimbangan antar manusia, manusia dengan alam hingga manusia dengan Tuhan.

Menariknya, proses penenunannya membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Sementara motif ganda bisa memakan waktu hingga 2-5 tahun.

Kain tenun Gringsing merupakan salah satu produk ekonomi kreatif khas Desa Wisata Tenganan Pegrisingan, Kabupaten Karangasem, Bali. Kain ini pun sedang diupayakan untuk segera dikukuhkan jadi warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) oleh UNESCO.

[Gambas:Instagram]



Itu tidak lepas dari keunikan kain tenun Gringsing sebagai satu-satunya kain tenun ikat ganda dari Indonesia. Hanya ada tiga negara yang memiliki kain tenun ikat ganda, yaitu Indonesia, India dan Jepang.

Jika di India, kain ini disebut dengan Patola dan bisa ditemukan di daerah Patan, Gujarat, India. Sementara di Jepang, pembuatan kain yang menggunakan metode double ikat ini disebut Kurume Kasuri dan banyak ditemukan di pulau paling selatan bernama Kyushu, tepatnya di Kota Kurume.

Tak heran jika kain tenun gringsing akan menjadi cenderamata yang akan diberikan kepada para pemimpin negara di KTT G20.

Keren ya travelers?



Simak Video "Indonesia Ajukan Diri Jadi Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA