Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Apr 2022 13:46 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Mudik Lewat Pelabuhan Merak? Baca Lagi Syaratnya...

Ilyas Fadhillah
detikTravel
Kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/4/2022).
Ilustrasi kapal di Pelabuhan Merak (: M Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Pelabuhan Merak, Banten bersiap menyambut pemudik jelang Idul Fitri 2022. Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, beberapa aturan disesuaikan pada edisi mudik tahun ini.

Dilansir detikcom dari Ferizy, aplikasi resmi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Selasa (26/4/2022) syarat penyeberangan tahun ini dibagi atas empat kategori.

Pertama, pemudik yang sudah vaksin booster cukup menunjukkan sertifikat vaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Kedua, bagi yang sudah vaksin dosis kedua maka harus menunjukkan sertifikat vaksin, hasil negatif (rapid test) RT PCR (berlaku 3x24 jam) atau RT Antigen (berlaku 1x24 jam), dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Ketiga, jika baru menerima vaksin pertama maka harus menunjukkan sertifikat vaksin, hasil negatif RT PCR (berlaku 3x24), dan menggunakan
aplikasi PeduliLindungi.

Keempat, jika belum menerima dosis vaksin, sertakan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah, menunjukkan sertifikat vaksin, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sebagai tambahan, penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni hanya menerima transaksi berupa non-tunai. Artinya, warga yang ingin menyeberang harus membeli tiket online melalui aplikasi Ferizy. Tiket kapal bisa dipesan H-60 sebelum pemberangkatan.

Lalu pemudik yang membawa kendaraan pribadi perlu mengisi formulir sesuai ketentuan. Data-data seperti jumlah penumpang dalam kendaraan, golongan kendaraan, nomor polisi, semuanya wajib disesuaikan saat pembelian.

Nah, traveler yang akan mudik cek lagi keamanan dan kesiapan kendaraan pribadinya ya. Pastikan semuanya aman untuk keselamatan dan kenyamanan hingga kampung halaman. Tetap jaga kesehatan dan selamat mudik ya!

Simak juga 'Kemarin Pelabuhan Merak Terpantau Ramai Lancar':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA