Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Apr 2022 23:09 WIB

TRAVEL NEWS

CDC Turunkan Risiko COVID Berbagai Negara, RI di Level Berapa?

Ilustrasi Wisatawan di Pantai Bali saat Pandemi. Ada yang meditasi di pantai, bermain dengan hewan peliharaannya, dll
Foto: Ilustrasi wisatawan di Indonesia (Rachman_punyaFOTO)
Washington -

Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) telah banyak menurunkan tingkat risiko dari tujuan utama di dunia. Indonesia masuk level berapa ya?

Melansir CNN Travel, CDC telah merilis kategori risiko dari berbagai negara pada hari Senin (25/4). Dalam data tersebut, ada satu lokasi yang dipindahkan ke kategori risiko tinggi, sebuah pulau kecil Saba di Karibia yang terkenal dengan pendakian terjalnya dan landasan pacu terpendek di dunia dipindahkan ke level 3.

Kategori level 3 merupakan risiko tinggi dan menjadi yang teratas. Sementara, level 2 dianggap sebagai risiko sedang dan 1 adalah rendah. Kini, level 4 hanya disediakan untuk keadaan khusus, karena sejauh ini tidak ada tujuan yang berada di level 4.

Level 3

Dalam sistem baru CDC, kategori level 3 berlaku untuk tujuan yang memiliki lebih dari 100 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Bukan hanya Saba, namun sebagian besar negara di Eropa masih masuk ke dalam kategori tinggi ini.

Berikut negara-negara Eropa yang masuk ke dalam level 3:

1. Prancis
2. Jerman
3. Yunani
4. Irlandia
5. Italia
6. Portugal
7. Spanyol
8. Britania Raya

Selain itu, ada berbagai tempat wisata populer yang masuk ke risiko tinggi ini, yaitu:

1. Brazil
2. Kanada
3. Mesir
4. Malaysia
5. Meksiko
6. Korea Selatan
7. Thailand

Ada hampir 120 tujuan di Level 3 pada minggu ini. Pada minggu sebelumnya, ada lebih setengah dari 234 negara yang dipantau oleh CDC masuk ke kategori ini.

Level 2

Tujuan dengan kategori level 2 berarti melaporkan 50-100 kasus COVID-19 per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Empat tujuan dipindahkan ke level 2 pada minggu ini yang sebelumnya berada di level 3:

1. El Savador
2. Indonesia
3. Oman
4. Uni Emirat Arab

CDC hanya memiliki 13 tujuan di seluruh dunia di tingkat risiko sedang atau level 2.

Level 1


Negara yang masuk ke level 1 atau rendah berarti harus memiliki 49 kasus baru atau kurang dari 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Tiga tujuan ditambahkan CDC per 25 April.

1. Armenia
2. Azerbaijan
3. Libya

Penurunan yang paling mengesankan untuk Libya yang sebelumnya berada di Level 3. Sementara dua negara lainnya, Armenia dan Azerbaijan sebelumnya berada di level 2.

Negara-negara dalam kategori ini didominasi oleh destinasi di Afrika, yaitu Kenya, Rwanda da Senegal. Ada sekitar 55 tempat yang berada di level 1.

Tidak dikenal

CDC pun mencantumkan kategori tak dikenal untuk tujuan dengan risiko yang 'tak diketahui' karena kurangnya informasi.
Biasanya, namun tidak selalu, negara-negara yang masuk kategori ini adalah tempat-tempat terpencil atau tempat-tempat dengan peperangan atau kerusuhan.

Terdapat satu tujuan yang masuk ke dalam kategori ini, yaitu Gambia, sebuah negara kecil di Afrika Barat. CDC menyarankan untuk tidak mengunjungi tempat dengan kategori tak dikenal karena risikonya tidak diketahui.



Simak Video "CDC AS Pertimbangkan Booster Pfizer untuk Anak-anak 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA