Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2022 18:43 WIB

TRAVEL NEWS

100 Orang Baduy Akan Gelar Upacara Adat Seba

Fathul Rizkoh
detikTravel
Rumah Adat Suku Baduy Banten
Foto: istimewa
Lebak -

Sebanyak 100 urang Kanekes atau warga Baduy dari Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Lebak akan melaksanakan upacara adat Seba Baduy. Mereka akan berangkat dari perkampungan Baduy pada Jumat (6/5/2022).

"Seba nanti hari Jumat depan tanggal 6 April ya," kata Kepala Desa Kanekes, Jaro Saidjah, kepada detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (28/4/2022).

Dia mengatakan, orang Baduy akan berangkat pada siang hari dan diperkirakan sampai di Rangkasbitung pada sore harinya. Mereka akan menginap semalam sebelum melanjutkan perjalanan ke Serang esok harinya pada tanggal (7/5).

"Kemungkinan nginap dulu yah semalam, besoknya baru ke Serang," kata dia.

Menjelang Seba, orang Baduy saat ini sedang mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan. Persiapan itu seperti mengumpulkan hasil bumi yang nanti akan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten.

"Nyiapin hasil bumi aja, sama lagi musyawarah siapa aja yang bakal berangkat. Kira-kira mah 100 orang," kata dia.

Untuk diketahui, upacara adat Seba Baduy merupakan puncak dari rangkaian adat yang dilakukan oleh masyarakat adat Baduy. Sebelumnya, mereka akan menjalankan tradisi Ngalanjakan. Tradisi ini ada yang mengartikan sebagai berburu hewan di hutan. Tujuannya untuk menyiapkan bahan makanan sebelum melaksanakan tradisi Kawalu.

Tradisi Kawalu atau berpuasa selama tiga bulan. Selama Kawalu, perkampungan Baduy dalam tidak menerima kunjungan wisatawan. Wisatawan hanya diperbolehkan datang di perkampungan Baduy luar.

Setelah tradisi Kawalu, orang Baduy akan melakukan tradisi Ngalaksa. Tradisi ini berupa membuat laksa atau makanan tradisional.

Setelah seluruh rangkaian adat dilakukan, orang Baduy akan melakukan tradisi puncak yaitu upacara adat Seba Baduy.



Simak Video "Banjir Terjang Wilayah Baduy: Jembatan Rusak, Longsor Melanda"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA