Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Apr 2022 21:12 WIB

TRAVEL NEWS

Cari Oleh-oleh Khas Semarang, Bisa Beli di Rest Area

Putu Intan
detikTravel
Rest Area KM 429 di Tol Semarang-Solo tak cuma punya fasilitas lengkap. Di sini traveler juga dapat rehat sejenak sambil menikmati pemandangan Gunung Ungaran.
Sentra oleh-oleh di Rest Area KM 429. Foto: Rifkianto Nugroho
Semarang -

Traveler yang mudik dari Semarang tapi belum beli oleh-oleh untuk keluarga, bisa lho membelinya di Rest Area KM 429. Ada banyak pilihan dari tahu bakso hingga bandeng presto.

Rest Area KM 429 terletak di Tol Semarang-Solo. Rest area ini terbilang luas dan lengkap terutama bagi pemudik yang ingin kulineran.

Salah satu spot yang dapat pemudik kunjungi adalah sentra oleh-oleh yang terletak di sebelah kiri jalan dari pintu masuk rest area. Di sana berjajar sejumlah kios yang menjajakan aneka panganan khas Semarang dan Jawa Tengah.

detikcom sempat berbincang dengan salah satu pedagang oleh-oleh di sana. Pedagang bernama Lala itu sudah setahun membuka kios oleh-oleh di Rest Area KM 429.

Menurut penuturannya, menjelang Lebaran 2022 penjualan oleh-olehnya diprediksi bakal ramai. Ini karena pemerintah sudah membebaskan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman.

"Ini mendekati Lebaran baru ramai. Kita sudah menyiapkan stok lebih banyak," kata Lala.

Lala mengatakan, biasanya oleh-oleh yang paling banyak dibeli adalah tahu bakso Bu Pudji dan bandeng presto Juwana. Terutama untuk tahu bakso yang ia jual, tahu dan daging baksonya tebal sehingga banyak dicari orang.

Untuk harga, satu bungkus tahu bakso berisi 10 buah dijual Rp 65 ribu. Lalu untuk bandeng presto dibanderol mulai Rp 85 ribu-105 ribu.

Harganya memang lebih mahal dibandingkan bila kita membelinya di Kota Semarang. Namun ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk pemudik yang tetap ingin berada di ruas tol tanpa harus mampir dulu ke dalam kota.

Selain belanja oleh-oleh, pemudik di Rest Area KM 429 juga bisa menikmati pemandangan Gunung Ungaran dari atas bukit yang terdapat di rest area itu. Menikmati senja di sana juga sangat direkomendasikan.



Simak Video "Rest Area KM 429: Tempat Istirahat dengan Pemandangan Gunung Ungaran"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA