Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Apr 2022 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Akhir Pekan Ini, Planet Venus dan Jupiter Bakal 'Tabrakan'

Venus: Benarkah ada kehidupan di langit planet yang bersuhu sekitar 400 derajat celsius?
Foto: Ilustrasi planet Venus (BBC Magazine)
Jakarta -

Akhir pekan ini, planet Venus dan Jupiter bakal terlihat saling bertabrakan satu sama lain. Tapi tenang saja, hal itu hanya ilusi optik belaka, bukan betulan.

Fenomena antar kedua planet itu dikenal sebagai konjungsi. Konjungsi adalah keadaan dimana dua planet yang jaraknya terpisah jutaan kilometer tapi terlihat seperti sedang mendekat satu sama lain, bahkan terlihat seperti akan bertabrakan.

Menurut NASA, konjungsi bisa diamati dengan sudut pandang sebagai penghuni planet Bumi. Peristiwa konjungsi antar planet Venus dan Jupiter ini biasanya berlangsung sekali dalam setahun.

Kali ini, jarak antara kedua planet itu akan terlihat sangat dekat, lebih dekat dari peristiwa konjungsi sebelum-sebelumnya.

Untuk traveler yang berada di Australia, peristiwa konjungsi planet Venus dan Jupiter bisadiliihat antara tanggal 30 April dan 1 Mei. Dengan catatan, kondisi langit saat pengamatan sedang cerah.

Matt Woods dari Obeservatorium Perth menjelaskan, waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena konjungsi itu pada pukul 16.00 sore dan 05.00 pagi waktu setempat.

"Jam 4 atau 5 adalah waktu terbaik buat keluar. Keluarlah dari rumah dan duduk di halaman, itulah cara termudah untuk melihat fenomena itu," terang Woods, seperti dikutip dari 9News, Jumat (29/4/2022).

"Kedua planet itu akan terlihat cukup tinggi pada pukul 16.00 atau 17.00. Mereka akan terlihat lebih tinggi dari pepohonan dan akan jadi lebih jelas terlihat," imbuhnya.

Menurut Woods, jarak kedekatan antar planet itu bisa berbeda, tergantung dengan lokasi dimana Anda berada. Dia menyarankan untuk memakai binokuler, meski kedua planet itu akan tetap bisa dilihat dengan mata telanjang.

"Tapi jarak antara mereka akan tetap saling berdekatan. Jika kamu punya binokuler, kamu bisa melihatnya pakai itu, bahkan bisa juga dengan mata telanjang," yakin Woods.



Simak Video "Ilmuwan Mendeteksi Permukaan Venus Bergerak Seperti Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA