Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 02 Mei 2022 11:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 4 Kota yang Jadi Destinasi Favorit saat Libur Lebaran

Antara
detikTravel
Sempat menjadi primadona pada tahun 2021, objek wisata Nuansa Riung Gunung di Pangalengan, Kabupaten Bandung saat ini mengalami penurunan pengunjung. Hal tersebut diakibatkan adanya peraturan PPKM level 3 yang ada di Jawa hingga Bali.
Foto: Yuga Hassani
Jakarta -

Memasuki masa libur Lebaran, Kota Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali jadi destinasi favorit wisatawan.

Hal itu terlihat dari pemesanan early booking yang naik sampai lebih dari 13 persen dibandingkan pekan ketiga bulan April.

"Antusiasme masyarakat untuk kembali traveling dan mudik ke kampung halaman tahun ini diprediksi akan tinggi," kata Country Head OYO Indonesia Agus Hartono Wijaya dikutip dari keterangan resmi.

Sementara itu tren perjalanan di momentum libur Lebaran tahun ini diprediksi akan mengikuti tren 2021. Menurut OYO Travelopedia 2021, yang telah melakukan survei kepada 2000 partisipasn di berbagai negara termasuk Indonesia, ada peningkatan tren selama 2021 dalam hal perjalanan menuju destinasi di wilayah terpencil dan dekat dengan nuansa alam, hingga preferensi bepergian jalur darat dengan kendaraan pribadi atau road-trip.

Di samping itu, lebih dari sepertiga responden Indonesia mengungkapkan lebih menyukai dan memilih bepergian dengan mobil atau sepeda motor pribadi untuk melakukan perjalanan melalui jalan darat.

Pada momen libur Lebaran 2022, hampir 40 persen pemudik menggunakan jenis kendaraan pribadi untuk pulang kampung. Untuk menginap, hotel menjadi pilihan utama.

Kemudian, tren dan preferensi wisatawan di era pandemi ini beralih ke wisata alternatif. Mereka lebih suka konsep wisata yang lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal sehingga akan mempengaruhi tren traveling di saat Lebaran.

Melihat hal itu, destinasi seperti desa wisata menjadi pilihan yang dapat dinikmati. OYO sendiri bekerjasama dengan pemerintah untuk turut mempromosikan desa wisata.



Simak Video "Kemenparekraf Catat Perputaran Uang saat Libur Lebaran Capai Rp 72 T"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA