Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Mei 2022 18:38 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Gajah di Malaysia Ikut 'Mudik'

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Gajah Asia
Ilustrasi gajah asia. Foto: (iStock)
Jakarta -

Ada pemandangan unik saat periode mudik di Malaysia. Seekor gajah berjalan di jalur mudik, bikin pengendara heboh.

Gajah itu diketahui berjalan di Jalan Raya Gerik-Jeli. Meskipun jalanan itu ramai kendaraan, gajah ini tampaknya tak peduli dan terus berjalan melewati kendaraan pemudik.

Peristiwa unik itu diabadikan pengguna TikTok Zafidos. Ketika itu pengemudi tampak kebingungan sambil berseru kagum, "Seekor gajah! Ini gila."

Selain melalui TikTok, video gajah itu juga dibagikan Zafidos melalui Instagram. Zafidos mengatakan, ia berpapasan dengan gajah itu ketika sedang berkendara menuju Marang, Terengganu dari Perak.

Klip berdurasi 10 detik tersebut sudah ditonton 2,4 juta kali. Banyak warganet yang berkomentar bahwa gajah itu sepertinya ingin ikut mudik.

Sementara itu, penampakan gajah di Jalan Raya Gerik-Jeli ini sebenarnya beberapa kali terjadi. Ini karena jalan tersebut diapit dua hutan lindung yakni Taman Negara Bagian Royal Belum dan Hutan Lindung Temengor.

[Gambas:Instagram]



Ketika ada gajah yang melintas, para pengendara diimbau untuk tidak membunyikan klakson. Pada tahun 2020, seekor gajah merasa tertekan ketika mendengar klakson.

Gajah itu lalu menginjak-injak mobil yang membunyikan klakson tersebut. Beruntung, tak ada korban luka dalam insiden ini.

Direktur Departemen Margasatwa dan Taman Nasional Perak, Yusoff Shariff mengatakan pengendara harus tetap sabar ketika ada gajah melintas di jalan.

"Jangan gunakan lampu terang, jangan membunyikan klakson, dan yang terpenting jangan berusaha mengusir gajah," kata dia seperti dikutip dari Malay Mail.



Simak Video "Pilu! Dua Gajah Mati Tertabrak Kereta di India"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA